SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN KUALITAS POLA ASUH GURU PENGARUHNYA TERHADAP SOPAN SANTUN ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KKM MIN 2 TULUNGAGUNG

RENI MARVIANA SARI, 188050623005 and SALAMAH NOORHIDAYATI, 197401241999032002 and TEGUH, 197003102001121002 (2025) SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN KUALITAS POLA ASUH GURU PENGARUHNYA TERHADAP SOPAN SANTUN ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KKM MIN 2 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Reni Marviana Sari NIM. 188050623005 (2025) Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kualitas Pola Asuh Guru Pengaruhnya terhadap Sopan Santun Anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag dan Prof. Dr. H. Teguh, M.Ag Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Kualitas Pola Asuh, Sopan Santun Anak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik masih ada yang berperilaku tidak sopan saat berbicara dengan sesama teman. Ada peserta didik yang berbicara secara lantang, ada juga peserta didik yang menggunakan bahasa kotor atau atau kata-kata dari sosial media (tiktok) dengan contoh kalimat “anjay, kamu nanya, dan lain-lain”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung?; Bagaimana tingkat kualitas pola asuh guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung?; Bagaimana tingkat sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung?; Adakah pengaruh Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung?; Adakah pengaruh kualitas pola asuh guru terhadap sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung?; Adakah pengaruh yang signifikan antara Sumber Daya Manusia (SDM) guru dan kualitas pola asuh terhadap sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan penelitian mix method. Metode campuran konkuren/sewaktu waktu (concurrent mixed methods) merupakan penelitian yang menggabungkan antara data kuantitatif dan data kualitatif dalam satu waktu. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2663 siswa di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung. Penentuan sampel menggunakan rumus dari Yamane atau Slovin, sampel dalam penelitian ini adalah 95 responden. Analisis data kuantitatif menggunakan SPSS dan penelitian kualitatif dengan) kondensasi data, 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa 1) Tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung, diperoleh kecenderungan sebagian besar responden memperoleh tingkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guru dengan kriteria baik, sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar Sumber Daya Manusia (SDM) guru dengan kriteria baik yaitu 68% atau 64 responden dengan kriteria baik. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung dapat dilakukan dengan mengembangkan empat aspek, yaitu dimensi kepribadian, kreativitas, produktivitas, dan spiritualitas. 2) Tingkat kualitas pola asuh guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung, diperoleh kecenderungan sebagian besar responden memperoleh tingkatan kualitas pola asuh dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas pola asuh dengan kriteria sangat baik yaitu 70% atau 66 responden memperoleh tingkatan kualitas pola asuh dengan kriteria sangat baik. 3) Tingkat sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung diperoleh tingkat sopan santun anak sebagian besar responden memperoleh tingkatan sopan santun anak dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa sopan santun anak dengan kriteria sangat baik yaitu 60% atau 57 responden responden memperoleh tingkatan sopan santun anak dengan kriteria sangat baik. 4) Ada pengaruh Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung. Hal ini berarti bahwa kualitas SDM yang dimiliki oleh guru tersebut memiliki peran penting dalam membentuk dan meningkatkan sopan santun anak-anak. Semakin baik kualitas SDM yang dimiliki oleh guru, maka semakin baik pula sopan santun anak-anak di madrasah tersebut. Sebaliknya, jika kualitas SDM guru kurang baik, maka sopan santun anak-anak juga mungkin akan kurang baik. 5) Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pola asuh guru terhadap sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung. Hal ini berarti kualitas pola asuh yang diterapkan oleh guru-guru di madrasah tersebut memiliki peran penting dalam membentuk dan meningkatkan sopan santun anak-anak. Semakin baik kualitas pola asuh yang diterapkan oleh guru-guru, maka semakin baik pula sopan santun anak-anak di madrasah tersebut. Sebaliknya, jika kualitas pola asuh kurang baik, maka sopan santun anak-anak juga mungkin akan kurang baik. 6) Ada pengaruh yang signifikan antara Sumber Daya Manusia (SDM) guru dan kualitas pola asuh terhadap sopan santun anak di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tulungagung. SDM guru yang baik dan kualitas pola asuh yang efektif dapat meningkatkan sopan santun anak, sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang berakhlak mulia. SDM guru dan kualitas pola asuh memiliki peran penting dalam membentuk dan meningkatkan sopan santun anak.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506230005 RENI MARVIANASARI
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:50
Last Modified: 23 Sep 2025 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62328

Actions (login required)

View Item View Item