Dewi Suciati, 2823133033 (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tingkat Margin Terhadap Kepuasan Anggota pada Pembiayaan Murabahah UMKM di KSPPS Tunas Artha Mandiri Nganjuk. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tingkat Margin terhadap Kepuasan Anggota pada Pembiayaan Murabahah UMKM di KSPPS Tunas Artha Mandiri Nganjuk“ ini ditulis oleh Dewi Suciati, NIM 2823133033, jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan pembimbing Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin majunya perkembangan perekonomian saat ini. Lembaga Keuangan Syariah seperti Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah kini mulai menarik perhatian, dikarenakan KSPPS ini lebih merakyat dan mampu menjangkau transaksi keuangan syariah lingkup mikro didaerah yang tidak bisa dilayani oleh bank umum maupun bank umum yang membuka unit syariah. Kepuasan anggota menjadi prioritas utama pada penelitian ini karena tingkat persaingan yang semakin ketat antara lembaga keuangan, baik lembaga keuangan konvensional maupun lembaga keuangan syariah.Lembaga keuangan harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting untuk tercapainya kepuasan anggota.Kualitas pelayanan dan tingkat margin merupakan salah satu hal yang penting dalam persaingan lembaga keuangan syariah khususnya pada produk pembiayaan murabahah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah UMKM di KSPPS Tunas Artha Mandiri Nganjuk? (2) Bagaimana pengaruh tingkat margin terhadap kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah UMKM di KSPPS Tunas Artha Mandiri Nganjuk? (3) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan tingkat margin terhadap kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah UMKM di KSPPS Tunas Artha Mandiri Nganjuk?.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan kualitas pelayanan dan tingkat margin terhadap kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah UMKM di KSPPS Tunas Artha Mandiri Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif.Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan jumlah sampel 83 dari 484 populasi. Metode kuesioner pada penelitian ini adalah metode kuesioner tertutup. Analisis data penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah UMKM memiliki pengaruh yang positif signifikan. (2) Hasil penelitian tingkat margin terhadap kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah UMKM memiliki pengaruh yang positif signifikan. (3) Hasil penelitian yang dilakukan secara bersama-sama juga memiliki pengaruh yang positif signifikan. Berdasarkan hasil yang telah diuji bahwa kualitas pelayanan dan tingkat margin menentukan kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah UMKM.Karena elemen-elemen tersebut saling berhubungan. Kata kunci: kualitas pelayanan, tingkat margin, pembiayaan murabahah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Dewi 2823133033 Suciati |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 02:57 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6233 |
Actions (login required)
View Item |