PENGARUH PROGRAM CASHBACK DAN DISKON SHOPEE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA CUSTOMER (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun Angkatan 2021)

IMAM AKBAR NURHADI, 126405212099 and NADIA ROOSMALITA SARI, 199109042019032019 (2025) PENGARUH PROGRAM CASHBACK DAN DISKON SHOPEE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA CUSTOMER (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun Angkatan 2021). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Program Cashback dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif pada Customer (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun Angkatan 2021)” ini ditulis oleh Imam Akbar Nurhadi, NIM. 126405212099, Pembimbing Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M. Kom. Kata Kunci: Program Cashback, Diskon, Pembelian Impulsif, Shopee. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya fenomena belanja online yang menyebabkan terjadinya perilaku pembelian impulsif. Melalui belanja online konsumen tidak lagi dibatasi oleh waktu, ruang dan jarak. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian impulsif yaitu dengan adanya program cashback, serta adanya diskon yang semakin mempengaruhi customer untuk melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh secara simultan program cashback dan diskon terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa FEBI angkatan 2021 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2) pengaruh program cashback terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa FEBI angkatan 2021 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 3) pengaruh diskon terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa FEBI angkatan 2021 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan peneliti yaitu data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Tehnik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda melalui program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program cashback dan diskon shopee secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif 2) program cashback berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif 3) program cashback berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsive. Berdasarkan hasil uji analisis koefisien determinasi nilai R. Square sebesar 0,423 artinya 42,3% variabel dependent (keputusan pembelian impulsif) dijelaskan oleh variabel independent yang terdiri dari variabel program cashbak, dan diskon. Sedangkan sisanya sebesar 57,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > Customer
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405212099 IMAM AKBAR NURHADI
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:01
Last Modified: 23 Sep 2025 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62342

Actions (login required)

View Item View Item