TEGAR BAGUS SAPUTRA, 126401212068 and DONI FITRIYANTO, 175081640013 (2025) OPTIMALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN SEGMEN NASABAH GENERASI Z (Studi Kasus Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Blitar). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (920kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Segmen Nasabah Generasi Z (Studi Kasus Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Blitar)” ini ditulis oleh Tegar Bagus Saputra, NIM. 126401212068, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Doni Fitriyanto, M.E. Kata Kunci : Digital Marketing, Generasi Z, Strategi Pemasaran, Bank Muamalat Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah memicu transformasi besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor perbankan. Salah satu dampak utama dari perubahan ini adalah pergeseran strategi pemasaran dari metode konvensional menuju digital marketing. Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, merupakan segmen masyarakat yang sangat akrab dengan dunia digital. Mereka cenderung lebih tertarik pada layanan berbasis teknologi dan memiliki preferensi terhadap informasi yang cepat, interaktif, dan mudah diakses melalui platform digital. Namun, di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Blitar, data menunjukkan adanya penurunan jumlah nasabah dari kelompok Generasi Z dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan mengenai penerapan strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh pihak bank dalam menjangkau segmen ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing yang diterapkan oleh Bank Muamalat KCP Blitar dalam upaya meningkatkan segmen nasabah Generasi Z, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam dengan tiga orang informan dari pihak internal bank (Customer Service, Relationship Manager, dan Operation Supervisor), serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Blitar dengan memanfaatkan platform digital, seperti Instagram dan TikTok, secara maksimal dapat meningkatkan keterlibatan nasabah generasi Z terhadap produk dan layanan Bank Muamalat. Konten video pendek dan e-flyer terbukti efektif dalam menarik perhatian audiens muda, sehingga meningkatkan minat mereka untuk mencoba layanan perbankan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti perangkat yang kurang memadai dan kurangnya kemauan karyawan dalam pembuatan konten. Rekomendasi untuk meningkatkan strategi digital marketing, termasuk pelatihan bagi karyawan, sangat diperlukan untuk memperkuat daya tarik bank di kalangan generasi Z dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Nasabah Ekonomi > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 126401212068 TEGAR BAGUS SAPUTRA |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:25 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |