PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN KETERBUKAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA ASAL LAMONGAN DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

MOH. JIHAD ABDINEGORO, 126308212106 and ZUN AZIZUL HAKIM, M.Psi, 19850930201431003 (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN KETERBUKAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA ASAL LAMONGAN DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (592kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa perantau sering kali menghadapi tantangan penyesuaian diri akibat jauhnya jarak dengan keluarga dan perbedaan lingkungan sosial-budaya dari daerah asal. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menimbulkan stres, kecemasan, dan mengganggu kesejahteraan psikologis maupun prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan keterbukaan diri terhadap penyesuaian diri mahasiswa asal Lamongan yang merantau di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei dan melibatkan 161 responden. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan hasil Cronbach’s Alpha untuk dukungan sosial sebesar 0,877, keterbukaan diri 0,842, dan penyesuaian diri 0,889, yang semuanya menunjukkan reliabilitas tinggi. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa baik dukungan sosial (p < 0,05) maupun keterbukaan diri (p < 0,05) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri mahasiswa. Uji F menunjukkan model signifikan dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, semakin tinggi dukungan sosial dan keterbukaan diri yang dimiliki mahasiswa, maka semakin baik pula kemampuan mereka dalam menyesuaikan diri di lingkungan perkuliahan. Temuan ini penting sebagai dasar perumusan kebijakan dukungan psikososial dan penguatan relasi antarindividu di kalangan mahasiswa perantau.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi organisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308212106 MOH. JIHAD ABDINEGORO
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:54
Last Modified: 26 Sep 2025 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62469

Actions (login required)

View Item View Item