PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 BOYOLANGU

LUSY HANDAYANI, 126201213252 and LUK LUK NUR MUFIDAH, 19790319200312200 (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Media Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Lusy Handayani, NIM. 126201213252, dengan pembimbing Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Media Wordwall, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Salah satu penyebabnya adalah metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Penggunaan media yang tepat dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar mengajar yang nyaman, sehingga dapat membangkitkan minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang potensial adalah Wordwall, sebuah platform interaktif yang memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif melalui berbagai jenis pertanyaan dan aktivitas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran berbasis media Wordwall terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Boyolangu. (2) untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran berbasis media Wordwall terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Boyolangu. (3) untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran berbasis media Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Boyolangu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi experimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Boyolangu. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI-3 (kelas eksperimen) yang berjumlah 38 siswa dan kelas XI-2 (kelas kontrol) yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji T dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh strategi pembelajaran berbasis media Wordwall terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,005 < 0,05. (2) ada pengaruh strategi pembelajaran berbasis media Wordwall terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,014 < 0,05. (3) ada pengaruh strategi pembelajaran berbasis media Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi yang diuji pada prosedur Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root yang menunjukkan 0,000 dan 0,002 dengan signifikansi 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 dan 0,002 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213252 LUSY HANDAYANI
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:36
Last Modified: 06 Oct 2025 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62472

Actions (login required)

View Item View Item