MUHAMMAD ABU KHASAN, 126207211020 and CHUSNUL CHOTIMAH, 197512112002122001 (2025) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENARIK MINAT CALON PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Digital dalam Menarik Minat Calon Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung”. Ditulis oleh Muhammad Abu Khasan, NIM. 126207211020, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran Pendidikan Berbasis Digital, Minat Calon Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat lembaga pendidikan terus gencar melakukan inovasi terutama dalam hal pemasaran pendidikan. MAN 1 Tulungagung senantiasa melakukan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan permintaan pasar. Adanya program Madrasah Digital juga merupakan salah satu wujud dari pada ikhtiar MAN 1 Tulungagung untuk senantiasa bertransformasi dalam mewujudkan daya saing madrasah yang memiliki program unggulan berbasis digital. Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pemasaran pendidikan berbasis digital untuk menarik minat calon peserta didik di MAN 1 Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi pemasaran pendidikan berbasis digital untuk menarik minat calon peserta didik di MAN 1 Tulungagung? 3) Bagaimana pengendalian pemasaran pendidikan berbasis digital untuk menarik minat calon peserta didik di MAN 1 Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, display, dan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan kreadibilitas, triagulasi, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses perencanaan mencakup identifikasi pasar yang sistematis berbasis STP (segmenting, targeting, positioning), deferensiasi produk, dan diaktualisasikan di dalam penyusunan TOR (Therm of Refference) sebagai pedoman dalam melaksanakan program pemasaran pendidikan berbasis digital, 2) Implementasi kegiatan pemasaran pendidikan meliputi manajemen pemasaran konten digital dan masifikasi publikasi melalui media sosial melalui platform Website, Whatsapp, TikTok, YouTube, dan Instagram 3) Pengendalian secara berkala dan kontinyu melalui rapat evaluasi rutin bulanan dan insidental yang melibatkan Waka Humas, dan tim IT humas untuk pemantauan, identifikasi perbaikan, dan peningkatan promosi sebagai respon adaptif terhadap perkembangan teknologi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207211020 MUHAMMAD ABU KHASAN |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:26 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:26 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
