MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENARIK MINAT CALON PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ABU KHASAN, 126207211020 and CHUSNUL CHOTIMAH, 197512112002122001 (2025) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENARIK MINAT CALON PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Digital dalam Menarik Minat Calon Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung”. Ditulis oleh Muhammad Abu Khasan, NIM. 126207211020, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran Pendidikan Berbasis Digital, Minat Calon Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat lembaga pendidikan terus gencar melakukan inovasi terutama dalam hal pemasaran pendidikan. MAN 1 Tulungagung senantiasa melakukan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan permintaan pasar. Adanya program Madrasah Digital juga merupakan salah satu wujud dari pada ikhtiar MAN 1 Tulungagung untuk senantiasa bertransformasi dalam mewujudkan daya saing madrasah yang memiliki program unggulan berbasis digital. Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pemasaran pendidikan berbasis digital untuk menarik minat calon peserta didik di MAN 1 Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi pemasaran pendidikan berbasis digital untuk menarik minat calon peserta didik di MAN 1 Tulungagung? 3) Bagaimana pengendalian pemasaran pendidikan berbasis digital untuk menarik minat calon peserta didik di MAN 1 Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, display, dan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan kreadibilitas, triagulasi, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses perencanaan mencakup identifikasi pasar yang sistematis berbasis STP (segmenting, targeting, positioning), deferensiasi produk, dan diaktualisasikan di dalam penyusunan TOR (Therm of Refference) sebagai pedoman dalam melaksanakan program pemasaran pendidikan berbasis digital, 2) Implementasi kegiatan pemasaran pendidikan meliputi manajemen pemasaran konten digital dan masifikasi publikasi melalui media sosial melalui platform Website, Whatsapp, TikTok, YouTube, dan Instagram 3) Pengendalian secara berkala dan kontinyu melalui rapat evaluasi rutin bulanan dan insidental yang melibatkan Waka Humas, dan tim IT humas untuk pemantauan, identifikasi perbaikan, dan peningkatan promosi sebagai respon adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211020 MUHAMMAD ABU KHASAN
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:26
Last Modified: 22 Dec 2025 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62520

Actions (login required)

View Item View Item