NIKMATUL ULLA, 126405211047 and QOMARUL HUDA, 197304142003121003 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO FITRI JILBAB KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Fitri Jilbab Kediri” ini ditulis oleh Nikmatul Ulla, NIM. 126405211047, dengan pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Peningkatan Volume penjualan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya persaingan di dunia usaha, khususnya dalam industri fashion muslimah seperti hijab. Menuntut setiap pelaku usaha untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan produk agar tetap relevan dengan kebutuhan dan selera pasar. Fitri Jilbab, sebagai salah satu pelaku usaha hijab di Kediri, menunjukkan langkah progresif dengan menerapkan strategi pengembangan produk sebagai upaya meningkatkan volume penjualan. Pengembangan produk dilakukan melalui delapan tahapan, yaitu pencetusan gagasan, penyaringan gagasan, pengujian dan pengembangan konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, hingga tahap komersialisasi. Keunikan dari usaha ini terletak pada inovasi produknya, yaitu menciptakan hijab yang lebih praktis, serta membangun merek hijab sendiri.Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan produk terhadap peningkatkan volume penjualan pada Fitri Jilbab; (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan produk Fitri Jilbab.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis strategi pengembangan produk hijab yang diterapkan oleh Fitri Jilbab dalam meningkatkan volume penjualan; dan (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat proses pengembangan produk tersebut dalam mencapai tujuan peningkatan penjualan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan produk yang diterapkan oleh Fitri Jilbab terbukti efektif dalam meningkatkan volume penjualan. Penerapan inovasi produk seperti model hijab yang praktis dan unik, serta penciptaan merek sendiri, mampu menarik minat konsumen baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama. (2) Faktor pendukung utama dalam pengembangan produk adalah pengalaman pemilik usaha dalam bidang penjualan hijab. Sementara itu, faktor penghambat utama adalah tingkat persaingan pasar yang tinggi, terutama dari pelaku usaha sejenis yang menawarkan harga lebih kompetitif. Namun dengan dukungan penuh dari karyawan, pemilik usaha mampu menemukan solusi yang tepat untuk mengembangkan usaha dan mencapai tujuan yang diharapkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Jual Beli Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Kualitas Produk Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405211047 NIKMATUL ULLA |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:00 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |