ZENI ILIYYUNA FINFIN NADYA, 126208212076 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI EKOLOGI DI MTS DARUL FALLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Ekologi Di MTs Darul Falah Tulungagung” ini ditulis oleh Zeni Iliyyuna Finfin Nadya,NIM. 126208212076, Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur, Motivasi, Hasil Belajar, Ekologi Rendahnya motivasi siswa yang disebabkan oleh kurangnya inovasi pembelajaran yang variatif berdampak pada hasil belajar. Pemblajaran yang tidak bervariasi dapat menyebabkan siswa kurang berpartisipasi dan cenderung mudah menyerah ketika menghadapi suatu permasalahan. Untuk mengatasi permasalah ini, penerapan model pembelajaran yang berbasis inkuiri terstruktur, dapat menjadi solusi. Model ini mendorong aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri, serta mampu meningkatkan rasa ingin tahu, kepercayaan diri, dan pemahaman terhadap materi.Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap motivasi belajar pada materi ekologi kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar pada materi ekologi kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment dengan desain Posttest- Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket motivasi siswa dan soal tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normlaitas, homogenitas dan uji hipotesis yaitu uji independent sampel T-test, uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap motivasi belajar siswa kelas VII materi ekologi di MTs Darul Falah Tulungagung dengan nilai signifikansi nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi ekologi di MTs Darul Falah Tulungagung dengan nilai signifikansi nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,010 ≤ 0,05 3) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII materi ekologi di MTs Darul Falah Tulungagung dengan nilai signifikansi nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada materi ekologi di MTs darul falah tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212076 ZENI ILIYYUNA FINFIN NADYA |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:25 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |