PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR (PERSEGI & PERSEGI PANJANG) SISWA KELAS VII MTsN PUCANGLABAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

LUSIANA PUSPITASARI, 2814133103 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR (PERSEGI & PERSEGI PANJANG) SISWA KELAS VII MTsN PUCANGLABAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (566kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (447kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar (Persegi & Persegi Panjang) Siswa Kelas VII MTs Negeri Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2016/1017” yang ditulis oleh Lusiana Puspitasari, NIM.2814133103, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry), Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai momok. Selain itu guru dalam mengajar cenderung menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa hanya belajar mengenai materi melalui hafalan. Sehingga dia hanya akan menguasai hal itu secara verbal tanpa mengetahui makna sebenarnya. Hal-hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. oleh karena itu, perlu adanya suasana pembelajaran yang baru agar siswa agar dapat termotivasi dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satunya dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry). Dalam pembelajaran penemuan terbimbing, siswa lebih banyak melakukan kegiatan sendiri atau dalam bentuk kelompok memecahkan masalah. Siswa sungguh dilibatkan untuk berfikir aktif dan menemukan pengertian yang ingin diketahuinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Inquiry) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar(persegi dan persegi panjang) siswa kelas VII MTsN Pucanglaban Tulungagung.(2) Untuk mengetahui seberapa besar penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Inquiry) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) siswa kelas VII MTsN Pucanglaban Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian nya eksperimen semu (Quasi Experiment), teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-B dan VII-D, dalam penelitian ini juga menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil hitung menunjukkan nilai t_hitung>t_tabel yaitu 2,10013 > 2,041212 pada taraf signifikansi 5%. Kemudian berdasarkan perhitungan, kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata kelas sebesar 85,86 atau μ_1=85,86 dan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata kelas sebesar 80 dan〖 μ〗_2=80. Karena μ_1>μ_2, maka dapat disimpulkan bahwa “ Ada pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar ( persegi dan persegi panjang) siswa Kelas VII MTs Negeri Pucanglaban Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017. Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry)terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) Siswa Kelas VII MTs Negeri Pucanglaban Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017 adalah 73% dan tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133103 Lusiana Puspitasari
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:32
Last Modified: 12 Oct 2017 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item