TELAAH PROGRESIVISME DALAM SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN (Studi kasus Pondok Pesantren Modern Darul Akhwan Tulungagung)

IRVAN AHMAT KHOIRUDDIN, 1880507230007 and TEGUH, 197003102001121002 and AKHMAD RIZQON KHAMAMI, 197408292008011006 (2025) TELAAH PROGRESIVISME DALAM SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN (Studi kasus Pondok Pesantren Modern Darul Akhwan Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
cover.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini yang disusun oleh Irvan Ahmat Khoiruddin, NIM. 1880507230007, bertujuan untuk mengkaji “Telaah Progresivisme dalam Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Studi kasus Pondok Pesantren Modern Darul Akhwan Tulungagung)”, Pascasarjana Akidah Filsafat Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Teguh, M.Ag Prof. Dr. Rizqon Khamami, Lc.M.A,. Kata kunci: Progresivisme, Sistem Pendidikan, Pondok Pesantren Globalisasi telah menjadi kekuatan dominan yang membentuk dunia pada abad ke-21. Ditandai oleh integrasi ekonomi, sosial, dan budaya lintas batas negara, globalisasi telah mengubah cara orang hidup, bekerja, dan belajar. Dalam konteks pendidikan, hal ini membawa implikasi signifikan baik sebagai peluang untuk mengakses pengetahuan secara luas maupun tantangan yang menguji kesiapan sistem pendidikan dalam menyesuaikan diri terhadap dinamika dunia global. Dalam menghadapi dinamika globalisasi pondok-pondok pesantren mulai berprogres dan bertransformasi mengimbangi perkembangan zaman melalui sistem Pendidikan integral untuk menyiapkan santri-santrinya bersaing dan berkontribusi dalam konteks global. Rumusan masalah yang penulis munculkan dalam penelitian ini adalah 1) Apa dan bagaimana sistem pendidikan Pondok Pesantren Modern Darul Akhwan Tulungagung? 2) Bagaimana analisis progresivisme dalam sistem Pendidikan Pondok Pesantren Modern Darul Akhwan Tulungagung? Penelitian ini termasuk ke dalam qualitative research dengan menggunakan perspektif progresivisme John Dewey. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hasil bahwa: Pertama, Pondok Pesantren Modern Darul Akhwan menggunakan sistem program KMI (Kulliyatul Muallimin wal Muallimat Al-Islamiyyah) dengan masa pendidikan enam tahun dengan pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum secara aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penerapan sistem KMI (Kulliyatul Muallimin wal Muallimat Al-Islamiyyah) sistem pendidikan di pondok ini tidak hanya berfokus pada pengajaran pendalaman agama islam tetapi juga mengintegrasikan ilmu umum dan keterampilan praktis, sehingga mampu menciptakan generasi berjiwa Qur’ani, cinta NKRI dan berwawasan global. Kedua, Penerapan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darul Akhwan mengedepankan pembelajaran berbasis pengalaman, santri tidak hanya belajar di kelas tetapi juga mempelajari keterampilan praktis. Program KMI (Kulliyatul Muallimin wal Muallimat Al-Islamiyyah) menunjukkan bahwa pendidikan agama dan umum tidaklah saling bertentangan, melainkan saling melengkapi. Pespektif ini sesuai dengan prinsip progresivisme Dewey yang menekankan pada integrasi pengetahuan yang dapat membekali individu dengan keterampilan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Filosofi
Filsafat > Filsafat Islam
Filsafat > Filsafat Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Filsafat Agama
Depositing User: 1880507230007 IRVAN AHMAT KHOIRUDDIN
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:43
Last Modified: 30 Sep 2025 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62608

Actions (login required)

View Item View Item