DINAR SYURYA NURON A'LAA, 126204213170 and RIFKI SAHARA, 199301252025212010 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN NUMERASI SISWA MTs MA’ARIF BAKUNG KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN HASIL BELAJAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Matematis dan Numerasi Siswa MTs Ma’arif Bakung kelas VIII dalam Memecahkan Soal Cerita pada Materi Bilangan Bulat Berdasarkan Hasil Belajar” ini ditulis oleh Dinar Syurya Nuron A’laa, NIM. 126204213170, dengan pembimbing Rifki Sahara, M.Pd. Kata Kunci : Literasi Matematis, Numerasi, Soal Cerita, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di lembaga pendidikan yaitu rendahnya kemampuan literasi matematis dan numerasi siswa. Siswa kurang suka dengan matematika sehingga tingkat literasi matematis dan numerasinya juga rendah, selain itu kondisi pandemi juga mempengaruhi rendahnya literasi matematis dan numerasi karena siswa menjadi malas untuk membaca. Hal itu berkaitan dengan soal cerita, karena memerlukan pemahaman yang cukup untuk menjawab pertanyaan tipe cerita. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai pentingnya kemampuan literasi matematis dan numerasi untuk meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dan numerasi siswa kategori tinggi dalam memecahkan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan hasil belajar; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dan numerasi siswa kategori sedang dalam memecahkan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan hasil belajar; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dan numerasi siswa kategori rendah dalam memecahkan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan hasil belajar. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memberikan gambaran dan penjelasan yang tepat mengenai keadaan atau gejala yang dihadapi. Sampel dalam penelitian ini adalah 9 siswa dengan kriteria 3 siswa dengan kemampuan literasi matematis dan numerasi kategori tinggi, 3 siswa dengan kemampuan literasi matematis dan numerasi kategori sedang, 3 siswa dengan kemampuan literasi matematis dan numerasi kategori rendah yang dipilih dari 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis dan indikator numerasi. Subjek (S4) dengan kategori sedang mampu memenuhi indikator literasi matematis nomor 1 dan 2, serta mampu memenuhi indikator numerasi nomor 2 dan 3. Subjek (S5) dengan kategori sedang mampu memenuhi indikator literasi matematis nomor 1, 2, dan 3, serta mampu memenuhi indikator numerasi nomor 1 dan 2. Subjek (S6) dengan kategori sedang mampu memenuhi indikator literasi matematis nomor 1 dan 4, serta mampu memenuhi indikator numerasi nomor 2 dan 3. Subjek dengan kemampuan rendah tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis dan indikator numerasi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204213170 DINAR SYURYA NURON A'LAA |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 08:11 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 08:11 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
