STRATEGI PERSUASIF TEMAN SEBAYA SEBAGAI PENDUKUNG PEMULIHAN PENYINTAS BODY SHAMING

NAVA FARIDATUL REZA, 126304212150 and FIONNA CHRISTABELLA, 198311142023212025 (2025) STRATEGI PERSUASIF TEMAN SEBAYA SEBAGAI PENDUKUNG PEMULIHAN PENYINTAS BODY SHAMING. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Persuasif Teman sebaya Sebagai Pendukung Pemulihan Penyintas Body Shaming” ini ditulis oleh Nava Faridatul Reza, NIM. 126304212159, dengan pembimbing Fionna Christabella, S.Sn.,M.A. Kata kunci : Strategi persuasif, Teman Sebaya, Pemulihan, Body Shaming, Komunikasi Interpersonal Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi persuasif yang dilakukan oleh teman sebaya dalam mendukung pemulihan penyintas body shaming. Body shaming merupakan bentuk kekerasan verbal atau nonverbal yang berdampak serius terhadap kesehatan mental penyintas, mulai dari penurunan kepercayaan diri hingga gangguan psikologis. Dalam konteks ini, teman sebaya memegang peran penting sebagai sumber dukungan sosial melalui komunikasi interpersonal yang hangat, empatik, dan tidak menghakimi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif terhadap tiga pasangan narasumber, masing-masing terdiri dari penyintas dan teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi persuasif yang digunakan teman sebaya mencakup afirmasi positif, mendengarkan aktif, berbagi pengalaman, dan membangun hubungan emosional yang aman. Strategi ini dianalisis berdasarkan teori persuasi Joseph A. DeVito, melalui empat aspek utama: friendship relationship, power in relationship, power in person, dan power in message. Temuan ini mengungkap bahwa dukungan teman sebaya dapat menjadi kekuatan persuasif dalam membantu proses pemulihan penyintas secara emosional, bahkan tanpa keahlian profesional. Penelitian ini memberikan perspektif baru bahwa kekuatan persuasi tidak selalu berasal dari otoritas, tetapi juga bisa lahir dari hubungan setara yang dilandasi kepercayaan, empati, dan pengalaman bersama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Psikologi > Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304212150 NAVA FARIDATUL REZA
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:54
Last Modified: 08 Oct 2025 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62708

Actions (login required)

View Item View Item