STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

SITI NOVIAA ISTIROCHAH, 2811133245 (2017) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”, ini ditulis oleh Siti Noviaa Istirochah, NIM 2811133245, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata kunci: Strategi guru Fikih, Motivasi Belajar, Seorang guru harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menekankan pada terjadinya proses belajar secara efektif melalui berbagai kegiatan. Mata pelajaran agama merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi umat Islam, khusunya fikih. Fikih merupakan alat pengendalian diri yang amat penting. Dalam mata pelajaran Fikih juga mengatur tata cara manusia untuk beribadah kepada Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota dalam mencapai kemajuan lahiriyah maupun rohaniyah. Dalam menyampaikan suatu pelajaran guru harus mempunyai strategi untuk memudahkan menyampaikan pelajaran. Disinilah diperlukan strategi pembelajaran Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Huda Bandung. Dengan adanya strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru mata pelajaran Fikih, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa agar pelajaran Fikih menjadi pelajaran yang menyenangkan. Fokus penelitian dari judul tersebut adalah (1) Bagaimana gambaran umum strategi yang digunakan guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) yang digunakan guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa di MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana strategi ekspositori yang digunakan guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa di MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum strategi yang digunakan guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Huda Bandung, untuk mengetahui strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) yang digunakan guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa di MTs Al-Huda Bandung, dan untuk mengetahui strategi ekspositori yang digunakan guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa di MTs Al-Huda Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian lapangan. Hasil penelitian: (1) Gambaran umum strategi yang digunakan guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Huda Bandung ialah Mengacu pada RPP, silabus, dan kurikulum yang ada. Selain itu guru memahami jenis materi yang akan disampaikan kepada siswa. Kemudian guru menggunakan sebuah metode diskusi dalam proses pembelajarannya. (2) Strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) yang digunakan guru Fikih yaitu dengan mengajak siswa untuk berpikir kritis, tapi guru juga harus bisa kreatif untuk membuat suasana kelas yang menyenangkan, pelajaran bisa menarik dan tidak membosankan. Kemudian guru mengahdirkan model sebagai contoh pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, melakukan refleksi bersama di akhir pembelajaran. Motivasi intrinsik yang dihasilkan dari penggunaan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) ialah siswa melakukan introspeksi diri. Sedangkan motivasi ekstrinsiknya siswa diberi tugas tambahan yang berkaitan dengan materi kemudian mereka mencari contoh sesuai dengan kehidupan sehari-hari. (3) Strategi ekspositori yang digunakan guru Fikih yaitu membangkitkan semangat siswa sebelum memulai pelajaran, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dalam menyampaikan materi, setelah guru menyampaikan materi secara keseluruhan guru bersama murid menyimpulkan inti materi kemudian siswa diberi tugas atau tes untuk menguji kemampuan siswa. Motivasi intrinsik dari penggunaan strategi ekspositori ialah siswa juga melakukan introspeksi diri. Sedangkan motivasi ekstrinsiknya guru memberikan pujian, hukuman, maupun bimbingan belajar sebelum siswa melakukan ulangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133245 SITI NOVIAA ISTIROCHAH
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:53
Last Modified: 13 Oct 2017 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6275

Actions (login required)

View Item View Item