ACHMAD FARID GHOZI RAHMAWAN, 126201212179 and ZAINUDIN, 196911182000031002 (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 4 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]
|
Text
COVER..pdf Download (3MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (290kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
|
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmawan, Achmad Farid, Ghozi. 2025. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Blitar Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Zainuddin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Numbered Head Together, Hasil Belajar Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran untuk peserta didik agar memperoleh hasil belajar sesuai dengan tujuan pembeljaran. Menganalisis implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 4 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII MTsN 4 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII MTsN 4 Blitar Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 4 Blitar? (2) Bagaimana respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII MTsN 4 Blitar? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII MTsN 4 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi melalui analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas peserta didik dan guru, serta wawancara untuk mengetahui respons peserta didik terhadap penerapan model NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1)penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. (2) respon peserta didik kelas VIII MTsN 4 Blitar terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak adalah positif, menyenangkan dan dapat membantu meningkatkan semangat dalam belajar. (3) faktor penghambat terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together adalah peserta didik yang terlalu bergantung pada teman dalam kelompok dan Faktor pendukung terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together adalah motivasi belajar, meningkatnya kemauan untuk belajar, meningkatknya pemahaman terhadap materi dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Numbered Head Together, Hasil Belajar Akidah Akhlak
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201212179 ACHMAD FARID GHOZI RAHMAWAN |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 07:35 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 07:35 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
