BERLIANA IQKLIMA, 126204212133 and BENI ASYHAR, 198307052023211020 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (405kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Berbantuan Powerpoint terhadap Hasil Belajar Matematik pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Berliana Iqklima, NIM. 126204212133 yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Thinking Aloud Pair Problem Solving, Powerpoint, Hasil Belajar Matematika, dan Aritmatika Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa, kurangnya minat belajar, dan kurangnya variasi media pembelajaran yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar matematika siswa. Pada materi aritmatika sosial, siswa sering mengalami kesulitan mengidentifikasi informasi dan menerjemahkan soal ke bentuk model matematika. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berupa model pembelajaran langsung, yang masih berpusat pada guru dan terkesan kurang menarik. Sehingga dipilih model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving berbantuan powerpoint. Model TAPPS adalah model yang menekankan siswa untuk berpikir keras (maksudnya dimana siswa harus berpikir sampai menemukan solusi), dan kemudian siswa tersebut akan menjelaskan langkah penyelesainnya kepada pasangan diskusinya. Penerapan model ini dibantu dengan media powerpoint yang dapat menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran TAPPS berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung; dan 2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran TAPPS berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif, dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data beruapa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran TAPPS berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulunagung; dan 2) besar pengaruh model TAPPS berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung adalah 1,586 dengan persentase 93,3% tergolong kategori tinggi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Aritmatika Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204212133 BERLIANA IQKLIMA |
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 01:28 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 06:53 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
