ANALISIS PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS(ACTION, PROCESS, OBJECT DAN SCHEMA) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016/2017

RISKY TRI EVANI, 2814133159 (2017) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS(ACTION, PROCESS, OBJECT DAN SCHEMA) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Analisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos (Action, Process, Object Dan Schema) Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Di Kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester II Tahun Ajaran 2016/2017”, ini ditulis oleh Risky Tri Evani Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika dibimbing oleh Dr.Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman, Teori APOS Salah satu keberhasilan dari kegiatan pembelajaran adalah pemahaman dari siswa. Pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu dipahami dan diingat. Untuk dapat melihat seberapa pahamkah siswa terhadap konsep matematika. Pemahaman terhadap materi matematika dapat diperoleh seorang siswa melalui pembelajaran dengan membangun konsep matematika sesuai dengan pengetahuan siswa sendiri. Salah satu teori yang mampu melihat seberapakah siswa paham dengan materi matematika adalah dengan teori APOS. Teori APOS terdiri dari Action, Process, Object, dan Schema sebagai tahapannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman matematis siswa pada tiap kemampuan matematis siswa terhadap materi Persamaan Linier Satu Variabel berdasarkan Teori APOS (action, process, object dan schema) di Kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung Semester II Tahun Ajaran 2016/201 7 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun tehnik yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara untuk menggali data. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kondisi sekolah, terutama kelas yang akan menjadi tempat penelitian sebagai cara menentukan subyek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel yang diberikan. Dalam penelitian ini, dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, 2 siswa berkemampuan rendah. Adapun pemilihan subjek penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan juga pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa berkemampuan tinggi dapat menemukan jawabannya berdasarkan tahapan teori APOS melalui tahapan Action, Process, Object dan Schema dan memenuhi lima indikator pemahaman. Pada siswa berkemampuan sedang memiliki hasil yang berbeda salah satu subjek dapat melalui tahapan teori APOS dengan runtut. Namun pada subjek satunya tidak mengikuti tahapan teori APOS dengan lengkap. Pada siswa berkemampuan sedang ini mampu menunjukkan empat indikator pemahaman. Sedangkan pada siswa berkemampuan rendah tidak mampu melewati tahapan teori APOS secara lengkap dan memenuhi tiga indikator pemahaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133159 RISKY TRI EVANI
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:26
Last Modified: 16 Oct 2017 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item View Item