NANDA AGUSTIN PUTRI SAHARANI, 126401212060 and MASHUDI, 196901312001121003 (2025) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN BSI OTO DALAM MENARIK MINAT NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Trenggalek Sudirman). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan BSI OTO Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Trenggalek Sudirman)”. Ditulis oleh Nanda Agustin Putri Saharani, NIM. 126401212060, dengan dosen pembimbing Dr. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: Perbankan Syariah, BSI OTO, Pembiayaan, Strategi. Latar belakang penelitian dalam skripsi ini berawal dari kurangnya pemahaman masyarakat serta terbatasnya informasi yang disampaikan oleh kantor cabang pembantu Bank Syariah Indoensia (BSI) turut menjadi faktor rendahnya minat terhadap produk pembiayaan BSI OTO. Kondisi tersebut semakin diperburuk oleh kuatnya anggapan masyarakat terhadap produk bank konvensional dan belum maksimalnya upaya pemasaran uang dilakukan Bank Syariah Indonesia dalam memperkenalkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan BSI OTO yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Trenggalek Sudirman dalam menarik minat nasabah. 2) untuk mengetahui tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Bank Syariah Indonesia KCP Trenggalek Sudirman dalam memasarkan produk pembiayaan BSI OTO. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah Costumer Business Representative (CBR) dan Brand Operational & System Manager (BOSM) dari Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Trenggalek Sudirman. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pemasaran berfungsi untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen, menarik konsumen, dan memahami kebutuhan konsumen. Startegi pemasaran BSI OTO pada Bank Syariah Indonesia KCP Trenggalek Sudirman yaitu melalui sosialisasi dan mengunjungi instansi-instansi. Selain itu Bank Syariah Indonesia KCP Trenggalek Sudirman juga menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) meliputi: product, price, place, promotion, proses, people, dan physical evidence. 2) Tantangan dan hambatan yang dihadapi yaitu persaingan dengan lembaga perbankan lain yang menawarkan produk serupa, hasil BI Checking calon nasabah yang kurang baik, survei yang menunjukkan bahwa nasabah tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan, serta adanya kebutuhan nasabah terkait BSI OTO yang tidak dapat dibiayai oleh bank.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 126401212060 NANDA AGUSTIN PUTRI SAHARANI |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 06:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |