PELAKSANAAN KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN PAI DI MTs NEGERI KUNIR WONODADI BLITAR

SITI UMI HANIFAH, 2811133249 (2017) PELAKSANAAN KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN PAI DI MTs NEGERI KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Umi Hanifah, NIM 2811133249, Pelaksanaan Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pelajaran PAI di MTs N Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Siti Umi Hanifah, dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah,M.Ag. Kata kunci : Komunikasi, Guru Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa pendidikan pada saat ini dihadapkan dengan berbagai macam teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Kesuksesan pendidikan tidak hanya mutlak ditentukan oleh komunikasi, namun bagaimana menemukan kunci penting menjalankan komunikasi yang efektif sehingga hasil pembelajaran sesuai harapan. Proses komunikasi sangat berperan penting bagi guru untuk dapat meningkatkan pemahaman materi dengan hasil yang maksimal. Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai hal yang dilakukan oleh guru untuk bisa meningkatkan pemahaman materi pelaajaran PAI di MTsN Kunir Wonodadi Blitar. Fokus penelitian skripsi ini adalah : (1) Bagaimana proses komunikasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran PAI di MTsN Kunir Wonodadi Blitar?(2) Hambatan-hambatan atau kendala guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran PAI di MTsN Kunir Wonodadi Blitar? (3) Usaha-usaha guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran PAI di MTsN Kunir Wonodadi Blitar ? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan peneliti menggunakan observasi partisipan, wawancara/ indeks Interview dan study dokumentasi di MTs N Kunir. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis Milles dan Hubberman, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut : (1) proses komunikasi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman materi sarana informatif meliputi : proses yang dilakukan di dalam kelas guru melakukan proses komunikasi dengan penyampaian informasi di ramu sedemikian rupa agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam menyampaikan informasi. Sedangkan diluar kelas penyampaian informasi dilakukan dengan media yang berupa mading atau papan pengumuman. 2) Proses komunikasi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman materi sebagai sarana edukatif: proses yang dilakukan di dalam kelas guru melakukan proses komunikasi dengan mampu mendidik dan mengarahkan sikap yang positif. Sedangkan diluar kelas memberikan contoh atau sikap perilaku yang positif, misalnya pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah sekaligus dzikir. 3) Proses komunikasi sebagai sarana reflektif: proses yang dilakukan di dalam kelas guru melakukan proses komunikasi guru membuat rangsangan-rangsangan terhadap peserta didik berupa tanya jawab. Sedangkan di luar kelas peserta didik dianjurkan untuk mengikuti dzikir setelah shalat berjama’ah, mengikuti ceramah dari guru MTsN Kunir. 4) Proses komunikasi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman materi sebagai sarana rekreatif, seperti proses yang dilakukan di dalam kelas guru melakukan proses komunikasi disela-sela menyampaikan cerita dibubuhi dengan lelucon-lelucon. Sedangkaan di luar kelas guru mengadakan kegiatan diluar madrasah seperti outbond/outdor.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133249 SITI UMI HANIFAH
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:15
Last Modified: 17 Oct 2017 06:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item