PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SRENGAT BLITAR

HANIFAH TANNIA OKTAFIANA, 126204213172 and NUR CHOLIS, 198410052025211009 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Hanifah Tannia Oktafiana, NIM. 126204213172, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Media, Media Animasi Powtoon, Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Oleh sebab itu, siswa perlu diberikan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa membangun pemahaman konsep matematika yang kuat dan bermakna. Media pembelajaran yang berbasis pada video animasi powtoon dapat membantu siswa mengembangkan konsep matematika yang kuat dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII A dan VIII B SMPN 3 Srengat Blitar sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t dan uji cohen’s effect. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05, (2) Besar pengaruh pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 91,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213172 HANIFAH TANNIA OKTAFIANA
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:42
Last Modified: 09 Oct 2025 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63045

Actions (login required)

View Item View Item