HANIFAH TANNIA OKTAFIANA, 126204213172 and NUR CHOLIS, 198410052025211009 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Hanifah Tannia Oktafiana, NIM. 126204213172, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Media, Media Animasi Powtoon, Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Oleh sebab itu, siswa perlu diberikan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa membangun pemahaman konsep matematika yang kuat dan bermakna. Media pembelajaran yang berbasis pada video animasi powtoon dapat membantu siswa mengembangkan konsep matematika yang kuat dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII A dan VIII B SMPN 3 Srengat Blitar sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t dan uji cohen’s effect. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05, (2) Besar pengaruh pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 91,9%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Statistika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213172 HANIFAH TANNIA OKTAFIANA |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:42 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |