STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) JAJANAN PASAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus UMKM Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang)

VIKCY RANANDA, 126402213216 and QOMARUL HUDA, 197304142003121003 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) JAJANAN PASAR UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus UMKM Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Pengembangan Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Jajanan Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus UMKM Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang)” ditulis oleh Vikcy Rananda, NIM 126402213216, Program Studi Ekonomi Syariah, Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Peningkatan Penjualan Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pengembangan produk yang dilakukkan oleh usaha mikro kecil menengah jajanan pasar Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang, yang kurangnya inovasi untuk mengembangkan produk jajanan pasar sehingga mempengaruhi peningkatan penjualan. Perlunya dilakukan pengembangan produk dengan menambah inovasi baru seperti penambahan varian rasa, produk baru dan kemasan yang ekonomis untuk menarik konsumen dengan adanya pengembangan produk dapat meningkatkan penjualan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi pengembangan produk UMKM jajanan pasar yang efektif di Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pengembangan produk UMKM jajanan pasar di Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang ? Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan dari penelitian ini adalah strategi pengembangan produk terhadap peningkatan volume penjualan yang terdapat pada produk jajanan pasar ini yaitu dengan pengembangan yang telah dilakukan sangat memiliki pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan dengan menambah jenis produk dan inovasi kemasan pada produk. Untuk faktor pendukung dan penghambat yang ada yaitu bahan utama dari produk yang digunakan adalah bahan yang berkualitas jadi kualitas yang ada dalam produk tersebut benar-benar terjamin. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu terkait dengan persaingan banyaknya penjual jajanan pasar membuat persaingan semakin tinggi. Tetapi dengan adanya media sosial seperti WA, facebook sangat membantuk untuk meningkatkan penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213216 VIKCY RANANDA
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:36
Last Modified: 10 Oct 2025 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63072

Actions (login required)

View Item View Item