MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MEMBINA POLA PIKIR KREATIF PADA SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG

RIRIS LAILATUL MAGHFIROH, 126207211035 and NUR EFENDI, 196501201998031002 (2025) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MEMBINA POLA PIKIR KREATIF PADA SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Membina Pola Pikir Kreatif pada Siswa di MAN 1 Tulungagung” yang ditulis oleh Riris Lailatul Maghfiroh, NIM 126207211035, Tahun 2025, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Pola Pikir Kreatif. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan ide kreatif yang dimiliki. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengembangkan pola pikirnya. Kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik dalam menghasilkan karya maupun ide kreatif sangat penting untuk dilatih, karena hal ini akan berpengaruh pada cara bersikap, berpikir, maupun bertindak. Disinilah kemudian manajemen peserta didik berperan penting dalam mengelola kegiatan siswa dalam upaya membina pola pikir yang kreatif. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan manajemen peserta didik dalam membina pola pikir kreatif pada siswa di MAN 1 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik dalam membina pola pikir kreatif pada siswa di MAN 1 Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam membina pola pikir kreatif pada siswa di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskripsi kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MAN 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara keajekan pengamat, triangulasi dan perpanjangan pengamat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kegiatan peserta didik dalam membina pola pikir kreatif siswa MAN 1 Tulungagung adalah dengan melakukan rapat koordinasi yang diikuti kepala madrasah, waka madrasah, dan semua guru untuk menentukan perangkat pembelajaran dan program kegiatan peserta didik, dalam perencanaannya melibatkan semua elemen madrasah dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 2) Pelaksanaan kegiatan peserta didik dalam membina pola pikir kreatif siswa MAN 1 Tulungagung dilakukan melalui dua program yaitu intrakulikuler dan ekstrakulikuler, mengikutsertakan siswa untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi, pembinaan dilakukan oleh guru saat pembelajaran berlangsung, serta menghadirkan narasumber untuk memberikan materi pembinaan. 3) Evaluasi kegiatan peserta didik dalam membina pola pikir kreatif siswa MAN 1 Tulungagung dilakukan dengan menilai hasil karya siswa, ulangan semester, memberikan pertanyaan seputar materi hasil pembinaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211035 RIRIS LAILATUL MAGHFIROH
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:04
Last Modified: 10 Oct 2025 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63084

Actions (login required)

View Item View Item