PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK

BERLIANA QONI'ATUL MU'ARRIFAH, 126201212139 and HAWWIN MUZAKKI, 198903082020121009 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Berliana Qoni’atul Mu’arrifah, NIM. 126201212139. Pembimbing: Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Teams Games Tournament, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan mengenai model pembelajaran yang digunakan guru tidak semuanya variatif dan menarik. Hal ini menyebabkan peserta didik terkadang sulit berkonsentrasi dan kurang termotivasi untuk aktif dalam proses belajar. Suasana belajar yang tidak selalu menyenangkan juga membuat motivasi peserta didik yang tidak selalu tinggi, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang tidak selalu optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya perbaikan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Trenggalek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek? (2) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek? (3) Adakah pengaruh yang positif, signifikan, dan simultan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang positif, signifikan, dan simultan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, uji MANOVA diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212139 BERLIANA QONI'ATUL MU'ARRIFAH
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:23
Last Modified: 13 Oct 2025 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63168

Actions (login required)

View Item View Item