PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG

MUHAMMAD IQBAL HUMAIDI, 3211113016 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Iqbal Humaidi, NIM. 3211113016, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I. Kata kunci: Peran Guru Agam Islam dan Meningkatkan Emosional Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya kondisi emosional siswa dimana mereka tidak dapat mengatur emosinya sendiri yang mengakibatkan terjadinya penyimpanga-penyimpangan seperti kekerasan di sekolah, pergaulan bebas, dan pornografi. Dengan penelitian ini diharapkan guru sebagai pencetak generasi tidak hanya mampu mencerdaskan intelektual saja akan tetapi juga mampu mencerdaskan emosional siswa. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? (2) Apa faktor penghambat guru agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana solusi guru agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam peningkatan emosional siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan emosional siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung yaitu dengan selalu membimbing atau memotivasi dan membina emosional siswa dengan mengisi kegiatan positif diluar kelas seperti (ngaji kitab, sekolah diniyah, hafalan). Selain itu fasilitas yang sudah cukup memadai seperti masjid yang sering digunakan untuk kegiatan keagamaan di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113016 MUHAMMAD IQBAL HUMAIDI
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:44
Last Modified: 19 Oct 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6319

Actions (login required)

View Item View Item