MOH. TRIO FAJAR SUBQI, 126209201020 and DITA HENDRIANI, 197912202014032001 (2025) PEMANFAATAN SITUS SEJARAH CANDI PENATARAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN FIELD TRIP DI KELAS 10 PADA MA ASSALAM JAMBEWANGI SELOPURO-BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (580kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Subqi, Moh, 2024 Pemanfaatan Situs Sejarah Candi Penataran Sebagai Sumber Pembelajaran Field Trip Di Kelas 10 Pada MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar. Skripsi, Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Dita Hendriani, M.A. NIP: 197912202014032001 Kata Kunci: Situs Sejarah, Candi Penataran, Sumber Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias siswa kelas X MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah yang dilakukan didalam kelas dengan cara konvensional yang terkesan monoton dan membosankan. Hal ini sangat mempengaruhi cara berfikir, kreatifitas serta pemahaman siswa terhadap materi dan berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal karena itu perlu dilakukan inovasi metode pembelajaran sehingga muncul gagasan dari peneliti untuk meneliti pemanfaatan Candi Penataran sebagai sumber belajar sejarah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini 1. Bagaimana langkah- langkah pembelajaran sejarah, 2. Apa faktor pendukung dan penghambat, dan 3. Bagaimana implikasi pelaksanaan pembelajaran sejarah (dengan pemanfaatan Situs Sejarah Candi Penataran Di Kelas 10 Pada MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pembelajaran sejarah, apa saja faktor pendukung dan penghambat, dan bagaimana implikasi pelaksanaan pemanfaatan Situs Candi Penataran sebagai sumber pembelajaran sejarah pada kelas X MA Assalam Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati kegiatan pembelajaran Sejarah kelas X MA Assalam Blitar ketika didalam kelas dan luar kelas yang pelaksanaanya di Candi Penataran Nglegok, Blitar. Data dan informasi dari penelitian ini berupa hasil wawancara, informasi tertulis dan bergambar yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan pemanfaatan Situs Candi Penataran sebagai sumber pembelajaran sejarah. Hasil penelitian ini menunjukan metode pembelajaran sangat berpengaruh pada minat belajar, cara berfikir siswa dan hasil belajarnya. Dengan memanfaatkan Candi Penataran sebagai sumber pembelajaran sejarah siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu dana kegiatan yang besar, namun di sisi lain faktor pendukung yaitu terdapatnya sarana dan prasarana yang memadai.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
| Depositing User: | 126209201020 MOH. TRIO FAJAR SUBQI |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:35 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:35 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
