STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM, PROGRAM AKBARNAS, DI MARKAZ ARABIYAH, PARE-KEDIRI

MUHAMMAD HASAN MAULANA, 1880504230027 and KOJIN, 196911011998031002 and NURYANI, 197103012007011029 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM, PROGRAM AKBARNAS, DI MARKAZ ARABIYAH, PARE-KEDIRI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul. “Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam pembelajaran Maharah Kalam, Program Akbarnas, Di Markaz Arabiyah, Pare-Kediri” ini ditulis oleh Muhammad Hasan Maulana dengan Pembimbing Prof. Dr. H. Kojin, M.Ag. dan Dr. Nuryani., M. Pd.I Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Maharah Kalam, Multiple Intelligences, strategi pembelajaran, Markaz arabiyah Mahārah al-Kalām merupakan salah satu dari empat keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa Arab. Keterampilan ini menekankan kemampuan peserta didik untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan ide secara lisan dengan struktur bahasa yang benar dan kontekstual. Dalam ranah pendidikan, teori Kecerdasan Majemuk yang dikembangkan oleh Howard Gardner (1980) menawarkan pendekatan pembelajaran yang menghargai perbedaan intelektual individu. Teori ini meliputi sembilan jenis kecerdasan, termasuk linguistik, logika-matematika, visual-spasial, musikal, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan eksistensial. Salah satu lembaga yang mengimplementasikan teori ini dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Markaz Arabiyah di Pare, Kediri, melalui Program Akbarnas (Akselerasi Bahasa Arab Nasional). Program ini berfokus pada peningkatan keterampilan kalam melalui metode pengajaran seperti hiwār muyassarah, ushlūb, tarkīb tatbīqī, dan kalām tatbīqī. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan tujuan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences yang diterapkan dalam program tersebut serta mengevaluasi dampaknya terhadap perkembangan keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan pembelajaran kalam difokuskan pada pengembangan keterampilan berbicara aktif dan aplikatif, meskipun masih perlu penyempurnaan pada aspek evaluasi dan diferensiasi kemampuan. (2) Strategi pembelajaran mendukung pengembangan kecerdasan linguistik, interpersonal, dan kinestetik, namun kecerdasan lainnya masih perlu ditingkatkan. (3) Terdapat keunggulan dalam materi dan suasana belajar, tetapi tantangan tetap ada pada penguasaan teori Multiple Intelligences oleh guru serta keterbatasan variasi materi dan media pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Maharah Kalam, Multiple Intelligences, strategi pembelajaran, Markaz arabiyah

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 1880504230027 MUHAMMAD HASAN MAULANA
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:53
Last Modified: 20 Oct 2025 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63261

Actions (login required)

View Item View Item