PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V MI NEGERI 1 TULUNGAGUNG

SITI MA’RUFAH, 126205212127 and MOH. ARIF, 198104212009121003 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V MI NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (503kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Ma’rufah dengan NIM 126205212127. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci : Model Problem Basd Learning, Berpikir Kritis Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta lapangan yang menunjukkan sebagian besar siswa kurangnya berpikir kritis, sehingga menyebabkan kurang fokusnya anak dalam pembelajaran. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran. Dimana penggunaan model pembelajaran yang konvensional membuat siswa kurang aktif. Utamanya mengenai pembelajaran IPAS yang mempunyai karakteristik mengkaji kegiatan ilmiah dan sosial, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, diperlukan alternatif media pembelajaran yang efektif seperti model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS siswa kelas V. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS siswa kelas 5 ? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling adalah purposive sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas V-A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol serta kelas V-B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji T-test (Independent T-test ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adakah pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Adakah pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 dan sig (2 tailed) < 0,05, Maka dapat disimpulkan bahwasanya hasil penelitian dimana H0 ditolak dan Hi diterima, dimana terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Siwa Kelas V MIN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212127 SITI MA'RUFAH
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:01
Last Modified: 20 Oct 2025 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63271

Actions (login required)

View Item View Item