PENGGUNAAN METODE ABJAD DAN SUKU KATA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM MIRIGAMBAR TULUNGAGUNG

DYAH AYU PUSPITASARI, 126205202134 (2024) PENGGUNAAN METODE ABJAD DAN SUKU KATA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM MIRIGAMBAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Metode Abjad dan Suku Kata dalam Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Rendah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Mirigambar Tulungagung” ini ditulis oleh Dyah Ayu Puspitasari, NIM 126205202134, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Arpinda Syifa’a Awalin, M.Pd. Kata Kunci: Metode Abjad dan Suku Kata, Membaca Permulaan Kemampuan membaca permulaan memiliki peran penting dalam mendukung keterampilan membaca lanjutan siswa. Oleh karena itu, kemampuan ini perlu diperhatikan secara serius agar siswa dapat menguasai keterampilan membaca permulaan dengan baik dan mempermudah proses membaca pada tingkat selanjutnya. Namun, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca, sebagaimana tampak dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kesulitan ini disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah rendahnya minat baca, kecenderungan anak yang lebih tertarik bermain daripada membaca, serta metode pengajaran membaca permulaan yang kurang bervariasi dan belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa kelas rendah MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode abjad dalam keterampilan membaca permulaan siswa kelas rendah MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan metode suku kata dalam keterampilan membaca permulaan siswa kelas rendah MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan (1) Keterampilan membaca dipengaruhi oleh faktor intelektual, lingkungan, dan psikologis. Perbedaan kemampuan masing-masing siswa kelas rendah memengaruhi kecerdasan siswa dalam membaca. (2) Metode abjad digunakan sebagai pendekatan awal dalam pembelajaran membaca permulaan dengan pengenalan dan pengucapan huruf, didukung oleh media seperti poster atau kartu huruf untuk menarik minat siswa. (3) Metode suku kata melibatkann pengenalan dan pemahaman suku kata sebagai dasar untuk membaca, pengulangan penting dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas rendah, dan kombinasi metode abjad serta suku kata efektif untuk mengenalkan huruf dan memahami kata dengan cepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202134 DYAH AYU PUSPITASARI
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:45
Last Modified: 20 Oct 2025 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63275

Actions (login required)

View Item View Item