AHMAD CHOIRUN NAJIB, 126205212088 and SEPTINANINGRUM, 198609072023202139 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI NURUL JADID BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MI Nurul Jadid Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Choirun Najib, NIM. 126205212088, Pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kreativitas, Hasil Belajar Penggunaan model pembelajaran yang tepat sangat berdampak dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Model pembelajaran yang berpusat pada guru saja akan mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi kreativitas dan hasil belajarnya. Inovasi untuk meningkatkan hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam pemecahan masalah ataupun tugas-tugas yakni dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pada model pembelajaran ini terdapat fase-fase yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga diprediksi dapat meningkatkan pemahaman dan kreativitas melalui pengerjaan proyek yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa di MI Nurul Jadid Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Jadid Blitar. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa di MI Nurul Jadid Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Subjek dalam sampel adalah siswa kelas V-A dan V-B MI Nurul Jadid Blitar yang berjumlah 41 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kreativitas dan soal tes hasil belajar siswa. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat sebelum dilakukannya uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa dengan Sig. 0.000 < 0.05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa dengan Sig. 0.001< 0.05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 3) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar dengan Sig. 0.000 < 0.05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan pemaparan dan hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) secara efektif dapat mempengaruhi kreativitas dan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > IQ Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205212088 AHMAD CHOIRUN NAJIB |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:41 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:41 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
