STRATEGI PROMOSI KOLEKSI MUSEUM DALAM MENUNJANG MINAT KUNJUNG MASYARAKAT DI MUSEUM DAERAH TULUNGAGUNG

NINA SAFIRA SAFITRI, 126310202067 (2024) STRATEGI PROMOSI KOLEKSI MUSEUM DALAM MENUNJANG MINAT KUNJUNG MASYARAKAT DI MUSEUM DAERAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (935kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Promosi Koleksi Museum Dalam menunjang Minat Kunjung Masyarakat di Museum Daerah Tulungagung”, dengan tujuan mengetahui bagaimana startegi promosi pada museum dalam meningkatkan minat kunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan dara dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pengelola museum. Dalam penelitian ini menggunakan teori promosi berupa bauran promosi yang dikemukakan oleh Kotler dan Mastrong. Teori ini menjelaskan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam promosi, antara lain: Periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation and publicity), dan promosi oleh pengelola musuem (personal selling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi dilakukan oleh pengelola Museum Daerah Tulungagung dalam bentuk program salah satunya Museum Goes to School ini bekerjasama dengan pihak sekolah-sekolah terkait. Lalu Pameran Museum yang diadakan bersama museum lain dan komunitas disekutar Tulungagung. Lombalomba dan Belajar Bersama yang diadakan dengan teknik bergilir antar sekolah. Sedangkan kendala yang dialami dalam pelaksanaan promosi ada kendala internal, seperti fasilitas belum lengkap, belum adanya peraturan-peraturan pengunjung yang dipaparkan dan eksternal seperti kondisi sosial dan budaya belum sepenuhnya memiliki kesadaran dalam melestarikan bahan koleksi serta kebutuhan informasi yang berbeda-beda. Kata kunci: promosi koleksi, strategi, dan minat kunjung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan > Kearsipan
Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan
Ekonomi > Promosi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310202067 NINA SAFIRA SAFITRI
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:25
Last Modified: 21 Oct 2025 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63383

Actions (login required)

View Item View Item