PENGARUH PENATAAN POSISI TEMPAT DUDUK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG

ANIS FITRIA, 126205212144 and SEPTINANINGRUM, 198609072023202139 (2025) PENGARUH PENATAAN POSISI TEMPAT DUDUK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penataan Posisi Tempat Duduk Terhadap Motivasi Belajar dan Interaksi Siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang” ini ditulis oleh Anis Fitria, NIM. 126205212144, pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Penataan Posisi Tempat Duduk, Motivasi Belajar, Interaksi Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya lingkungan fisik kelas dalam menunjang proses pembelajaran, khususnya penerapan posisi tempat duduk yang diduga berpengaruh terhadap motivasi belajar dan interaksi siswa. Sehingga diperlukan inovasi terbaru dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan penataan posisi tempat duduk sesuai keadaan dan kebutuhan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penataan posisi tempat duduk terhadap motivasi belajar dan interaksi siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penataan posisi tempat duduk terhadap motivasi belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang, (2) Mengetahui pengaruh penataan posisi tempat duduk terhadap interaksi siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang, (3) Mengetahui pengaruh penataan posisi tempat duduk terhadap motivasi belajar dan interaksi siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang yang berjumlah 49 siswa. teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas 5A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas 5B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan untuk menguji hipotesis menggunakan independent sampel t-test dan uji MANOVA. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ini berdasarkan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2- Tailed) adalah 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap interaksi siswa. Hal ini berdasarkan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2- Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penataan posisi tempat duduk terhadap motivasi belajar dari interaksi siswa. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA diperoleh nilai Sig.(2- Tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212144 ANIS FITRIA
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:16
Last Modified: 21 Oct 2025 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63400

Actions (login required)

View Item View Item