INTAN LAILATUL BADIAH, 126204211037 and UMY ZAHROH, 196907192000032002 (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (185kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Transformasi Geometri MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Lailatul Badiah, NIM. 126204211037, dosen pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang hanya cocok untuk beberapa cara belajar peserta didik. Hal tersebut dapat diihat dari peserta didik yang masih membuat forum sendiri saat pembelajaran, sehingga berdampak kepada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika yang menyebabkan hasil belajar matematika yang tidak maksimal. Oleh karena itu, pendekatan alternatif seperti pembelajaran dengan model guided discovery learning dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh model guided discovery learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi transformasi geometri MAN 3 Tulungagung.2) Berapa besar pengaruh model guided discovery learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi transformasi geometri MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI B sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI C sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengguankan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T-Test dan Uji Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model guided discovery learning berbantuan LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi transformasi geometri MAN 3 Tulungagung dengan nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05. 2) Besar pengaruh model guided discovery learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung sebesar 1,64 atau 94,5% pada kategori tinggi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211037 INTAN LAILATUL BADIAH |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:31 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:31 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
