DIMAS RAFI DWI NURFA, 126205212155 and MUHAMMAD AFTHON ULIN NUHA, 199304262020121009 (2025) IMPLEMENTASI MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN NUMERASI UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (927kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (209kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (262kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | 
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Media Quizizz dalam Pembelajaran Numerasi untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Dimas Rafi Dwi Nurfa, NIM. 126205212155, dengan pembimbing oleh Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd Kata kunci: Media Quizizz, Pembelajaran Numerasi, Berpikir Kritis. Kemampuan dasar numerasi sangatlah penting bagi peserta didik dalam menganalisis dan memecahkan permasalahan. Platform media pembelajaran yang aktif oleh pengajar di MIN 2 Blitar adalah Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi berbasis website permainan edukasi bersifat narasi yang membawa aktivitas multipemain ke ruang kelas sehingga kelas terlihat interaktif dan menyenangkan. Rumusan masalah yang penulis munculkan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan media Quizizz dalam pembelajaran numerasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik MIN 2 Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan media Quizizz dalam pembelajaran numerasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik MIN 2 Blitar? 3) Bagaimana evaluasi media Quizizz dalam pembelajaran numerasi untuk mengetahui kemampaun berpikir kritis peserta didik MIN 2 Blitar? Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Blitar. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian di MIN 2 Blitar peneliti menyimpulkan bahwa: Dalam perencanaan, guru menunjukkan kesadaran terhadap kebutuhan peserta didik dan berinisiatif memilih media digital berbasis game yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Soal-soal yang disusun dalam platform Quizizz tidak hanya mengukur kemampuan berhitung tetapi juga mengandung unsur berpikir kritis berdasarkan model Ennis, seperti mengevaluasi argumen dan menafsirkan informasi numerik. Pelaksanaan menunjukkan bahwa Quizizz digunakan secara variatif dalam skema blended learning. Guru memfasilitasi siswa melalui kerja kelompok dan pembelajaran interaktif, sehingga siswa tidak hanya menerima materi, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan kognitif yang menantang. Meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan jaringan internet dan ketimpangan literasi digital, secara umum pelaksanaan berjalan baik. Evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz berhasil menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, kompetitif, dan reflektif. Fitur gamifikasi meningkatkan motivasi, sedangkan laporan hasil secara real-time memungkinkan guru melakukan analisis berbasis data.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI | 
| Depositing User: | 126205212155 DIMAS RAFI DWI NURFA | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:09 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:09 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63475 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        