BRISA ERLI ANGGRAENI, 126401212074 and CITRA MULYA SARI, 199305272019032031 (2025) STRATEGI PERBANKAN SYARIAH DALAM MEMASARKAN PRODUK CICIL EMAS PADA GENERASI MILLENIAL (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (716kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (492kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Perbankan Syariah Dalam Memasarkan Produk Cicil Emas Pada Generasi Millenial (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Blitar)” ini ditulis oleh Brisa Erli Anggraeni, NIM. 126401212074, dengan pembimbing Citra Mulya Sari, M.E Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Produk Cicil Emas, Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Dalam menghadapi persaingan, strategi pemasaran memiliki peranan penting demi keberlangsungan usaha. Untuk dapat bersaing dibutuhkan strategi yang tepat agar produk yang ditawarkan dapat menarik perhatian konsumen. Berdasarkan data Bank Indonesia, terjadi peningkatan inflasi. Maka dibutuhkan instrumen investasi untuk memproteksi kekayaan. Salah satu produk bank syariah yang dapat dijadikan sarana investasi, memiliki banyak keuntungan dan minim resiko adalah pembiayaan cicil emas. Produk ini memungkinkan nasabah memiliki emas secara bertahap, sehingga lebih terjangkau dan fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas pada Generasi Millenial di Bank Syariah Indonesia KC Blitar. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memasarkan Produk Cicil Emas pada Bank Syariah Indonesia KC Blitar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Bank Syariah Indonesia KC Blitar telah menerapkan strategi pemasaran menggunakan segmentasi, targeting, positioning, dan marketing mix 9P mix yang meliputi (product, packaging, price, payment, place, people, process, physical evidence, promotion). Segmentasi kepada nasabah yang berpenghasilan. Targeting, ditujukan pada nasabah payroll dan berpotensi. Positioning, dengan membangun citra yang baik melalui sosialisasi dan keunggulan produk cicil emas. Strategi marketing mix dengan memberikan produk yang berkualitas, kemasan yang menarik, harga yang sesuai dengan kualitas dan harga dipasaran, pembayaran dengan sistem autodebet, lokasi strategis berada di pusat kota, karyawan yang terampil dan memberikan pelayanan yang baik, memerlukan KTP dan NPWP dalam proses cicil emas, fasilitas lengkap dan memadai, serta melakukan promosi melalui media cetak, media sosial, sosialisasi dan personal selling. 2) faktor pendukung, adanya pemberian reward berupa suvenir kepada para nasabah yang melakukan pembiayaan cicil emas. Adapun faktor penghambat yang menjadi kendala nasabah yang keberatan dengan biaya uang muka atau down payment, nasabah yang ragu melakukan pembiayaan, beberapa nasabah lebih memilih membeli daripada mengangsur, kurangnya promosi melalui media sosial, dan nasabah kesulitan membayar angsuran.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | 126401212074 BRISA ERLI ANGGRAENI |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 06:48 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 06:48 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
