RATNA DWIYANTI, 126204213192 and SUTOPO, 197805092008011012 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI PERBANDINGAN BERBALIK NILAI KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (1MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (359kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (248kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (366kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | 
Abstract
Dwiyanti, Ratna. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Perbandingan Berbalik Nilai Kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Team Quiz, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Perbandingan Berbalik Nilai Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu penyebab utama rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi serta merangsang siswa untuk memcahkan masalah matematis. Model team quiz dapat dijadikan sebagai pendekatan siswa yang relevan, karena dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model team quiz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi perbandingan berbalik nilai kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model team quiz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi perbandingan berbalik nilai kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain the non-equivalent posttest-only control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran team quiz dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar yang berjumlah 146 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji t (independent sample t-test) dan uji cohen’s effect size. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model team quiz terhadap kemampuan pemecahan pemecahan masalah matematis siswa materi perbandingan berbalik nilai kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Terbukti dengan nilai signifikan 0,000<0,05. (2) Besar pengaruh model team quiz sebesar 1,04 terhadap kemampuan pemecahan pemecahan masalah matematis siswa materi perbandingan berbalik nilai kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar yang termasuk dalam kategori tinggi.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Matematika > Perbandingan | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika | 
| Depositing User: | 126204213192 RATNA DWIYANTI | 
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 03:55 | 
| Last Modified: | 31 Oct 2025 03:55 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63492 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        