IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AL-QUR’AN SISWA DI SDIT NURUL FIKRI TULUNGAGUNG

GIFRI NAFI’AH, 2811133100 (2017) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AL-QUR’AN SISWA DI SDIT NURUL FIKRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Al-Qur’an Siswa di SDIT Nurul Fikri Tulungagung” ini ditulis oleh Gifri Nafi’ah, NIM. 2811133100, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementasi, Metode Wafa, Belajar Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena di dunia pendidikan dimana masih banyak anak usia SD yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dan juga masih banyak anak yang belum hafal surat-surat pendek, serta anak-anak yang cepat bosan dengan metode pembelajaran Al-Qur’an yang digunakan. Untuk itu sekolah harus menngunakan metode yang tepat dan menyenangkan untuk mengajar Al-Qur’an disekolah. Salah satu metode yang dirasa cukup menyenangkan dan menunjang pembelajaran Al-Qur’an disekolah adalah Metode Wafa. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1)Bagaimana implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri Tulungagung?, (2) Bagaimana implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan belajar menulis Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri Tulungagung?, (3) Bagaimana implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri Tulungagung?. Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan belajar menulis Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian di SDIT Nurul Fikri Tulungagung tentang implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan belajar Al-Qur’an siswa yakni: (1) Imlementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri ini dilakukan dengan menerapkan pola pembelajaran TANDUR yakni Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan, dimana dalam setiap pelaksanaannya selalu mengacu kepada panduan yang telah ditetapkan, dan dalam membacanya menggunakan nada hijaz. (2) Imlementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan belajar menulis Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri ini dilakukan dengan menggunakan buku panduan metode Wafa mulai dari menebali huruf, menulis huruf tunggal, mengurai kalimat mejadi huruf tunggal, menyambung huruf menjadi kalimat, dan menulis ayat. (3) Imlementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SDIT Nurul Fikri ini dilakukan dengan pola pembelajaran TANDUR yang melibatkan otak kanan yang dalam pelaksanaan proses pembelajarannya memadukan dari berbagai indera yaitu visual, auditorial dan kinestetik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133100 GIFRI NAFI’AH
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:55
Last Modified: 27 Oct 2017 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item