PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK DAN GAYA KELAS VII MTSN 1 BLITAR

RISKA PURNAMA SARI, 126211211030 and MUHAMMAD LUQMAN HAKIM ABBAS, 198802172023211025 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK DAN GAYA KELAS VII MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Riska Purnama Sari, 126211211030, 2025, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Gerak dan Gaya Kelas VII MTsN 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing: Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan, Pemahaman Konsep, Gerak Dan Gaya. Rendahnya keaktifan dan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran di MTsN 1 Blitar pada pembelajara IPA (fisika) menjadi latar belakang penelitian ini. Pembelajaran IPA banyak yang bersifat kontekstual karena berkaitan dengan fenomena alam membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam dan sering kali melibatkan proses dan teori yang kompleks yang mengakibatkan kejenuhan siswa jika proses pembelajaran hanya menggunakan model konvensional saja. Siswa kurang interaktif dalam proses pembelajaran karena suasana belajar yang monoton dan tidak menarik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa adalah model pembelajaran kooperatif Tipe TGT. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Keaktifan Siswa pada materi Gerak Dan Gaya. (2) Mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman konsep siswa pada materi gerak dan gaya. (3) Mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Keaktifan dan Pemahaman konsep siswa pada materi gerak dan gaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain penelitian Post-Test Only Control Group Design. populasi penelitian seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Blitar. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, kelass VII-6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa. Adapun teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji prasyarat, uji T dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Keaktifan Siswa pada Materi Gerak Dan Gaya Kelas VII di MTsN 1 Blitar di buktikan dengan hasil uji T menunjukkan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. (2) Ada Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Gerak dan Gaya Kelas VII MTsN 1 Blitar dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. (3) Ada Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Gerak dan Gaya Kelas VII MTsN 1 Blitar dibuktikan dengan hasil uji MANOVA menunjukkan signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211030 RISKA PURNAMA SARI
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:22
Last Modified: 27 Oct 2025 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63556

Actions (login required)

View Item View Item