IMROATUL AZIZAH, 126201211031 and ABDULLOH CHAKIM, 197301071998031003 (2025) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KEBIASAAN BERBICARA KASAR PADA SISWA DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | 
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Mengatasi Kebiasaan Berbicara Kasar pada Siswa di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Imroatul Azizah, NIM 126201211031, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Abdullah Chakim, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Kebiasaan, Berbicara Kasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya perilaku berbicara kasar di kalangan siswa, khususnya di MTsN 2 Tulungagung, yang menghambat proses pendidikan dan pembentukan berakhlak mulia. Faktor penyebab perilaku tersebut meliputi lingkungan keluarga, pengaruh teman sebaya dan media, namun penelitian sebelumnya belum mengkaji secara spesifik upaya guru dalam konteks pendidikan Islam di jenjang menengah pertama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kebiasaan berbicara kasar pada siswa di MTsN 2 Tulungagung, dengan harapan hasilnya dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan program pembinaan karakter siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta mendukung terciptanya generasi muda yang berilmu, beriman dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa berbicara kasar di MTsN 2 Tulungagung, (2) mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam mengatasi kebiasaan berbicara kasar pada siswa di MTsN 2 Tulungagung, dan (3) mendeskripsikan kendala guru dalam mengatasi kebiasaan berbicara kasar pada siswa di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTsN 2 Tulungagung. Subjek penelitian ini terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Bimbingan Konseling dan dua siswa yang sering berbicara kasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan ketekunan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang mempengaruhi siswa berbicara kasar yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan pergaulan, faktor media sosial, faktor lingkungan sekitar dan faktor internal, (2) langkah-langkah guru dalam mengatasi kebiasaan berbicara kasar pada siswa yaitu melalui pendekatan individu, mengaitkan materi fiqh dengan adab dan akhlak, pembiasaan dan contoh yang terdiri dari (keteladan guru, pembiasaan 3S, pembiasaan sholat dhuha dan pembiasaan pembelajaran Kitab Ta’limul Mutaalim), berkolaborasi dengan para guru, orang tua, ustaz dan ustazah , serta bimbingan klasikal dan konseling individu, (3) kendala guru dalam mengatasi kebiasaan berbicara kasar pada siswa yaitu kurangnya respon orang tua terhadap informasi yang diberikan oleh guru, lingkungan pergaulan siswa di luar sekolah dan pengaruh media sosial.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Agama Pendidikan Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | 126201211031 IMROATUL AZIZAH | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:23 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:23 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63565 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        