PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA MIN 2 BLITAR

ASMAUL HUSNA, 126205212095 and MOCHAMAD ARIF FAIZIN, 1976082005011005 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa MIN 2 Blitar” ditulis oleh Asmaul Husna, 126205212095, dengan pembimbing: Dr. H. Moch. Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Pembelajaran Abad 21 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di sekolah masih didominasi metode konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Rendahnya kemampuan siswa menganalisis permasalahan serta menghasilkan solusi kreatif belum berkembang secara optimal. Dalam konteks pendidikan abad ke-21, pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi kebutuhan esensial dalam membentuk individu yang mampu berpikir analitis, reflektif, dan inovatif. Model PBL, menekankan keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah kontekstual, diyakini mampu mendorong siswa untuk mengembangkan pola pikir kritis sekaligus memfasilitasi eksplorasi ide-ide kreatif secara mandiri maupun kolaboratif. Melalui penelitian ini menyebarkan efektivitas penerapan PBL dalam meningkatkan dua dimensi penting kognitif sebagai bagian integral dari pencapaian kompetensi belajar yang holistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa di MIN 2 Blitar dan pendekatan yang mampu mendorong siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi secara signifikan. Metode penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MIN 2 Blitar dan sampel yang diambil adalah siswa kelas IV-B dan IV-D. Instrumen penelitian menggunakan test soal sedangkan untuk analisis data menggunakan N Gain Score, Independent Sample t test dan Paired Sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Probem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212095 ASMAUL HUSNA
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:58
Last Modified: 28 Oct 2025 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63587

Actions (login required)

View Item View Item