AINUN NIKMATU SHOLIKAH, 126205213192 and ADI WIJAYANTO, 198110072014031002 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BERTANYA PADA PESERTA DIDIK DI MI MANBA’UL ULUM BUNTARAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (633kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (364kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (354kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | 
Abstract
Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Model Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Bertanya Peserta Didik di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung” yang ditulis oleh Ainun Nikmatu Sholikah, NIM. 126205213192 dengan Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Keaktifan Bertanya, Model Pembelajaran, Problem Based Learning,Think Pair Share. Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi manusia secara optimal, namun pelaksanaannya masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya rendahnya keaktifan siswa dalam bertanya selama pembelajaran. Metode ceramah yang masih dominan menyebabkan siswa kurang terlibat aktif, padahal bertanya merupakan bagian penting dari proses berpikir dan belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif seperti Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) yang mendorong interaksi, berpikir kritis, dan keaktifan bertanya siswa. Model TPS melatih siswa berpikir mandiri, berdiskusi, dan berbagi pemikiran, sementara PBL mengajak siswa menyelesaikan masalah nyata yang mendorong mereka aktif bertanya. Berdasarkan penelitian sebelumnya, PBL terbukti lebih efektif meningkatkan komunikasi matematis dibanding TPS. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti pengaruh kedua model ini terhadap keaktifan bertanya siswa di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap keaktifan bertanya peserta didik di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung; (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan bertanya peserta didik di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung; (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan bertanya peserta didik di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen jenis quasi experiment. Data yang dikumpulkan didapat melalui penyebaran angket dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden, dimana responden merupakan kelas 5 MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan bantuan SPSS Statistic 25 (Statistical Product and Service Solution). Hasil analisis Uji Independent Sumple T-test diperoleh bahwa (1) adanya pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap keaktifan bertanya peserta didik di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung, dengan hasil nilai sig 0,040 < 0,05 (2) adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan bertanya peserta didik di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung, dengan hasil nilai sig 0,022 < 0,05. (3) terdapat adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran think pair share dan problem based learning terhadap keaktifan bertanya peserta didik di MI Manba’ul Ulum Buntaran Tulungagung, hal ini dilihat dari Uji Lanjut atau Posh Hoc Test dengan hasil bahwa kelas model pembelajaran think pair share dengan kelas model pembelajaran problem based learning dengan nilai Sig 1,000 > 0,05 maka tidak ada perbedaan yang signifikan. Kelas model pembelajaran problem based learning dengan kelas kontrol dengan nilai sig 0,034 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan. Kelas model pembelajaran think pair share dengan kelas kontrol dengan nilai Sig 0, ,097 > 0,05 maka tidak ada perbedaan yang signifikan.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI | 
| Depositing User: | 126205213192 AINUN NIKMATU SHOLIKAH | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:22 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:22 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63596 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        