PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF PADA MANUSIA KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG

RINDA DEVI ARDHIANITA, 126208212056 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF PADA MANUSIA KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (565kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf Pada Manusia Kelas XI di SMAN 1 Gondang” ini ditulis oleh Rinda Devi Ardhianita, NIM. 126208212056, dengan pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif (KBK), Hasil Belajar, Sistem Saraf Pada Manusia. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf pada manusia disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru dan minim melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengatasinya, diperlukan model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa serta pemahaman konsep yang lebih mendalam. Model Problem Based Learning (PBL) dipilih karena mampu mengembangkan pola pikir melalui penyajian masalah kontekstual. Dengan pendekatan ini, siswa dilatih untuk mengeksplorasi, menganalisis, dan menemukan solusi secara mandiri, sehingga pemahaman materi dan kemampuan berpikir kreatif dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem saraf pada manusia kelas XI di SMAN 1 Gondang; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem saraf pada manusia kelas XI di SMAN 1 Gondang; 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf pada manusia kelas XI di SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Gondang. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen (39 siswa) dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol (35 siswa), yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling jenis Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji statistik parametrik berupa uji Independent Sample T-Test dan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem saraf pada manusia kelas XI di SMAN 1 Gondang. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem saraf pada manusia kelas XI di SMAN 1 Gondang. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa secara simultan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Biologi > Manusia
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208212056 RINDA DEVI ARDHIANITA
Date Deposited: 29 Oct 2025 06:53
Last Modified: 29 Oct 2025 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63602

Actions (login required)

View Item View Item