ANALISIS APLIKASI QUR’AN ISYARAT SEBAGAI SUMBER LITERASI PENGAJAR DI RUMAH QUR’AN SAHABAT TULI (RQST) KEDIRI

ROBI'ATUL ADAWIYYAH, 126310212048 and ARIN PRAJAWINANTI, 199001202019032013 (2025) ANALISIS APLIKASI QUR’AN ISYARAT SEBAGAI SUMBER LITERASI PENGAJAR DI RUMAH QUR’AN SAHABAT TULI (RQST) KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (638kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Aplikasi Qur’an Isyarat Sebagai Sumber Literasi Pengajar di Rumah Qur’an Sahabat Tuli (RQST) Kediri” ini ditulis oleh Robi’atul Adawiyyah, NIM. 126310212048, dengan pembimbing Ibu Arin Prajawinanti, S.sos., M.A. Kata Kunci: Qur’an Isyarat, Literasi Keagamaan, Tunarungu, RQST Kediri Penyandang tunarungu memiliki tantangan tersendiri dalam membaca Al-Qur’an karena keterbatasan pendengaran mereka. Di Indonesia, jumlah penyandang tunarungu cukup banyak, namun akses mereka terhadap literasi keagamaan, khususnya literasi Al-Qur’an masih minim. Kitab suci Al-Qur’an yang ada saat ini hanya bisa diakses oleh orang dengar, sedangkan bagi penyandang disabilitas tunarungu masih banyak hambatan dalam mempelajari bacaan Al-Qur’an. Kendalanya adalah tidak mampu menangkap suara yang sesungguhnya dari bacaan Al-Qur’an dan dalam mengucapkan sesuai dengan bunyinya. Aplikasi Qur’an Isyarat menjadi salah satu inovasi yang menawarkan akses visual dan bahasa isyarat sebagai sarana membaca dan memahami isi Al-Qur’an secara praktis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana aplikasi Qur’an Isyarat memenuhi kebutuhan literasi pengajar di Rumah Qur’an Sahabat Tuli (RQST) Kediri? dan bagaimana kendala yang dihadapi pengajar dalam penggunaan aplikasi Qur’an Isyarat di RQST Kediri? Tujuan penelitian untuk menganalisis sejauh mana aplikasi Qur’an Isyarat bermanfaat bagi pengajar di RQST Kediri, serta mengetahui kendala-kendala apa saja yang mungkin mereka alami saat menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Qur’an Isyarat memberikan kontribusi positif dalam membantu literasi keagamaan bagi pengajar penyandang disabilitas tunarungu dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang menjadikan aplikasi ini belum di gunakan dalam pembelajaran resmi di RQST Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310212048 ROBI'ATUL ADAWIYYAH
Date Deposited: 31 Oct 2025 01:39
Last Modified: 31 Oct 2025 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63646

Actions (login required)

View Item View Item