NURUL AMALIYATIN NAJA, 2811133209 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (935kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (806kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (277kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (523kB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (773kB) |
||
|
Text
Bab 3.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (898kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beribadah Siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Amaliyatin Naja, NIM. 2811133209. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag, NIP. 19651215 200312 2 001. Kata kunci: pendidikan agama dalam keluarga dan kedisiplinan beribadah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemrosotan moral Bangsa Indonesia yang dibuktikan dengan maraknya perjudian, kenakalan remaja, balapan liar dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pedidikan agama dalam keluarga seperti halnya mendisiplinkan anak-anak untuk tepat waktu melaksanakan sholat lima waktu, puasa pada bulan Ramadhan, melakukan dzikir dalam situasi apapun serta membiasaka membaca al Qur’an, sehingga norma-norma agama dapat dengan mudah dilanggar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pendidikan agama dalam keluarga dengan kedisiplinan beribadah siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelasakan: (1) pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan ibadah sholat siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan ibadah puasa siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. (3) pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan berdzikir siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. (4) pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan membaca al-Qur’an siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung serta seberapa signifikansi keadaan pengaruh tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi 324 siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung dan sampel sebanyak 76 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pendidikan agama dalam keluarga dan kedisiplinan siswa SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentai dan observasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana prasana pendidikan dan dokumen sekolah. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas dan multivariate test (MANOVA) dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian ini yaitu, pertama, Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan ibadah sholat siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (27.446 > 1.675 ). Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan agama dalam keluarga adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 31.4%. Kedua, ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan ibadah puasa siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (25.471 > 1.675 ). Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan agama dalam keluarga adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 41.2%. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan berdzikir siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (25.638 > 1.675). Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan agama dalam keluarga adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 26.8%. Keempat, ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan membaca al Qur’an siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (14.117 > 1.675). Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan agama dalam keluarga adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan pengaruhnya sebesar 23.6%. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Selain meningkatkan kedisiplinan siswa dalam beribadah, peneliti juga menemukan bahwa kedisiplinan beribadah yang diterapkan di rumah juga dilanjutkan ketika disekolah dengan melaksanakan sholat berjamaah secara bergiliran yang dilakukan oleh semua siswa di sekolah tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S. Pd 2811133209 Nurul Amaliyatin Naja |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 03:42 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6365 |
Actions (login required)
View Item |