PENGARUH PEMASARAN SYARIAH DAN DIGITALISASI DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH HALAL KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO

ZAINAL ABIDIN, 126402212081 and RIZAL FURQAN RAMADHAN, 199203242023211023 (2025) PENGARUH PEMASARAN SYARIAH DAN DIGITALISASI DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH HALAL KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemasaran Syariah dan Digitalisasi Pada Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Halal Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo” ini ditulis oleh Zainal Abidin, NIM. 126402212081, dengan pembimbing Rizal Furqan Ramadhan, S.Kom.,M.T. Kata Kunci: Digitalisasi, Pemasaran Syariah, UMKM Halal Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat produktif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo yang masih menggunakan sistem konvensional. Fokus utama dari penelitian ini adalah menganalisis perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Halal di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo dengan menggunakan 2 fokus utama yakni pemasaran syariah dan digitalisasi. Fokus penelitian ini membahas terkait peran pemasaran syariah dan digitalisasi pada perkembangan UMKM halal serta bagaimana kedua konsep tersebut dapat mengoptimalkan pengembangan UMKM halal di Kec. Mayangan Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan metode purposive sampling, informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh orang yaitu para pelaku usaha yang aktif dalam paguyuban UMKM yang dinaungi oleh Dinas Perikanan, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, dan Dinas Pertanian. Dalam analisis peneliti menggunakan analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran syariah memiliki peran dalam meningkatkan kredibilitas produk, membangun loyalitas konsumen serta menumbuhkan keberkahan usaha. Sedangkan digitalisasi mengindikasi UMKM untuk menjangkau pasar lebih luas, mengefisiensi operasional serta meningkatkan pelayanan pelanggan. Dua konsep tersebut memastikan usaha yang dilakukan dengan cara yang adil, jujur dan bertanggung jawab serta sebagai akselerasi dalam menjangkau dan mempercepat proses operasional serta transaksi. Secara umum, sistem pemasaran syariah dapat membantu UMKM berkembang secara signifikan melihat keunggulannya daripada konvensional, dan digitalisasi dapat membantu mengoptimalkan sistem tersebut jika digunakan secara maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402212081 ZAINAL ABIDIN
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:01
Last Modified: 04 Nov 2025 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63730

Actions (login required)

View Item View Item