STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA SIMPANAN MUDHARABAH DI BMT UGT NUSANTARA LODOYO BLITAR

NINDHITYA DWI SUKMA, 126401211026 and AMALIA NURIL HIDAYATI, 198407132014032002 (2025) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA SIMPANAN MUDHARABAH DI BMT UGT NUSANTARA LODOYO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Simpanan Mudharabah di BMT UGT Nusantara Lodoyo Blitar” ditulis oleh Ninditya Dwi Sukma, NIM. 126401211026, dengan pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, SE., M.Sy. Kata Kunci: Strategi Pemasasaran, Simpanan Mudharabah, Baitul Maal Wat Tamwil Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah di lembaga keuangan mikro syariah, khususnya BMT UGT Nusantara Lodoyo Blitar. Simpanan mudharabah merupakan produk unggulan yang ditawarkan BMT dengan sistem bagi hasil, namun masih menghadapi berbagai tantangan seperti rendahnya literasi keuangan syariah dan masalah dalam strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan menjelaskan strategi BMT UGT Nusantara dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah, 2) mengetahui dan menjelaskan kendala dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah di BMT UGT Nusantara, 3) mengetahui dan menjelaskan solusi dalam menghadapi kendala dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah di BMT UGT Nusnatara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran BMT UGT Nusantara menerapkan pendekatan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence), serta pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. 2) Kendala yang dihadapi BMT UGT Nusantara Lodoyo dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah ada 2 kendala, yang pertama kendala internal (Keterbatasan SDM, Kurang pelatihan dan pengembangan, Keterbatasan modal, dan keterbatasan infrastruktur), selain itu terdapat kendala eksternal diantaranya persaingan dengan lembaga keuangan, kurangnya kepercayaan masyarakat, literasi keuangan rendah, Networking. 3) Solusi yang ditawarkan antara lain: solusi internal (Penambahan SDM, Pelatihan dan pengembangan kompetensi, Pengelolaan Keuangan yang efisien, dan digitalisasi system operasional), solusi eksternal (strategi diferensiasi layanan, pelumcuran aplikasi mobile, edukasi dan literasi keuangan Syariah, dan penguatan networking). Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang tepat dan inovatif sangat diperlukan untuk meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah dan memperkuat posisi BMT di tengah persaingan industri keuangan syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401211026 NINDHITYA DWI SUKMA
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:31
Last Modified: 06 Nov 2025 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63815

Actions (login required)

View Item View Item