PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI UPT SMP NEGERI 1 SANANKULON BLITAR

NUR JANNATUL FIRDAUS, 126201212196 and IMAM JUNARIS, 196902052003121005 (2025) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI UPT SMP NEGERI 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa di UPT SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar” ini ditulis oleh Nur Jannatul Firdaus, NIM.126201212196, dengan Pembimbing : Dr. Imam Junaris, S.Ag, M.H.I. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi masih banyaknya siswa yang kurang percaya diri pada kemampuan diri sendiri, hal ini mengakibatkan menurunnya prestasi belajar para siswa. sedangkan pengertian pendidikan adalah “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat”. Hal tersebut dibutuhkan rasa percaya diri dari para siswa dan mengharapkan meningkatnya prestasi belajar bagi siswa. upaya yang dilakukan dengan masalah tersebut dengan menggunakan metode pemberian reward untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh antara pemberian reward terhadap rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar?, (2) Apakah terdapat pengaruh antara pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar? (3) Adakah pengaruh pemberian reward terhadap rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI secara bersama – sama di UPT SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar? (4) Seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelataran PAI di UPT SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar?. Sehingga dapat diketahui tujuan dalam penulisan skripsi ini, mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap pemberian reward terhadap rasa percaya diri siswa, mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa, mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa, dan mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPT SMP Negeri 1 Sanankulon dengan jumlah 636 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 69 siswa. adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunkan uji regresi linear sederhana dan uji MANOVA. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, hasil dari Uji Regresi Linier Sederhana 9,386 dan nilai pada taraf signifikansi adalah 2,369, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap rasa percaya diri. Kedua, hasil dari Regresi Linier Sederhana yaitu 7,509 dan taraf signifikansi adalah 2,369, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa. Ketiga, pada Uji MANOVA disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,001 yang berarti kurang dari 0,05. Maka dapat diartikan bahwa hasil dari pengujian adalah ada pengaruh variabel independen dan kedua variabel dependen. Keempat, dari hasil uji koefisien determinasi yang menujukan nilai Adjusted R Square sebesar 0, 562 rasa percaya diri siswa dipengaruhi oleh pemberian reward. Sedangkan pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,449 prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemberian reward.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Psikologi > Psikologi kepribadian
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212196 NUR JANNATUL FIRDAUS
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:16
Last Modified: 10 Nov 2025 08:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63880

Actions (login required)

View Item View Item