ANIS MUFAROHAH, 1880506230002 and IMAM FU'ADI, 196903311994031002 and MUHAMMAD MUNTAHIBUN NAFIS, 197803182005011003 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CAMPURDARAT TULUNGAGUNG (Studi Kasus di SLB Negeri Campurdarat, Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (713kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang kontras di SLB Negeri Campurdarat. Keragaman anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak sebanding dengan ketersediaan guru PAI di sekolah. Hal ini mengakibatkan guru PAI harus membuat strategi pembelajaran PAI yang tepat pada anak berkebutuhan khusus, sehingga tujuan dari pembelajaran PAI bisa tercapai. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang: (1) metode pembelajaran PAI pada ABK di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung. (2) media pembelajaran PAI pada ABK di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung. (3) evaluasi pembelajaran PAI pada ABK di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung Metode Penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif yaitu menjelaskan kajiannya dengan menganalisis fakta secara sistematis dari objek pembahasan yang diteliti. Sumber data yang diteliti adalah dari Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran PAI pada anak tuna netra adalah metode ceramah, metode drill, metode tanya jawab, metode drill auditori taktil, pada anak tuna rungu adalah metode ceramah metode drill, metode demonstrasi dan imitasi dengan kombinasi metode oral, metode isyarat, dan metode visual, pada anak tuna grahita adalah metode ceramah, tanya jawab, simulasi, demontrasi (2) Media pembelajaran PAI pada anak tuna netra adalah media blaille dan video, pada anak tuna rungu adalah poster, kartu kata dan video, pada anak tuna grahita adalah poster, kartu kata, dan video (3) Evaluasi pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan adalah dengan teknik observasi selama masa pembelajaran, yang hasilnya digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan tes di akhir semester, akhir tahun dan akhir jenjang, yang hasilnya digunakan sebagai bahan keputusan untuk laporan belajar.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 1880506230002 ANIS MUFAROHAH |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:01 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:01 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
