NUR AZIZAH HIDAYATUL BADRI, 126306212073 and MUHAMMAD SHOLIHUDDIN ZUHDI, 198806142023211023 (2025) FAKTOR PENDUKUNG MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP BERKEBUTUHAN KHUSUS DOWN SYNDROME (Studi Kasus di SLB-C Negeri Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (458kB) |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (178kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (207kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Faktor Motivasi Belajar pada Siswa SMP Berkebutuhan Khusus Down Syndrome (Studi Kasus di SLB-C Negeri Tulungagung)” ini ditulis oleh Nur Azizah Hidayatul Badri, NIM. 126306212073, dengan pembimbing Dr. Muhammad Sholihuddin Zuhdi, S.Sos.I., M.Pd. Kata kunci : Motivasi belajar, Faktor instrinsik, Faktor ekstrinsik, Siswa, Down syndrome. Motivasi belajar merupakan dorongan yang ada dalam diri siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan belajarnya yang dipicu oleh hasrat untuk meraih prestasi belajar yang baik. Terdapat faktor instrinsik dan ekstrinsik yang mampu mempengaruhi motivasi belajar pada siswa. Dengan demikian, dalam realita kehidupan terdapat sebagian manusia yang terlahir dengan kondisi berkebutuhan khusus, seperti Down syndrome. Dari laporan tahunan UNICEF Indonesia tahun 2023 terdapat 64% anak dengan disabilitas yang mengenyam program pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor motivasi belajar pada siswa berkebutuhan khusus Down syndrome. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini merupakan siswa berkebutuhan khusus Down syndrome yang sedang menempuh pendidikannya di SLB-C Negeri Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Down syndrome memiliki motivasi belajar yang tergolong tinggi. Faktor intrinsik yang memengaruhi antara lain adanya kemauan untuk belajar meskipun jadwal belajar tidak menentu, keinginan untuk menjadi pintar, serta harapan masa depan sederhana seperti keinginan untuk bekerja di Jakarta. Sementara itu, faktor ekstrinsik yang memengaruhi motivasi belajar meliputi pemberian penghargaan berupa pujian positif, ajakan untuk bersalaman atau toss, serta hadiah kecil seperti jajanan. Lingkungan belajar yang kondusif, seperti suasana yang tenang, sejuk, dan nyaman, serta kegiatan belajar yang menarik seperti pemutaran video, turut mendukung meningkatnya motivasi belajar. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa penyandang Down syndrome dipengaruhi oleh dua factor yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
| Depositing User: | 126306212073 NUR AZIZAH HIDAYATUL BADRI |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 04:00 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 04:00 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
