ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

MOHAMMAD MOKLAS, 126204213181 and RIFKI SAHARA, 199301252025212010 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Moklas, Mohammad. 2025. Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Barisan dan Deret Kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Rifki Sahara, M. Pd. Kata Kunci: Penalaran Adaptif, Barisan dan deret, Kemampuan Matematika Kemampuan penalaran adalah satu kemampuan proses berpikir matematika yang mengaitkan untuk menyelesaikan masalah matematika berdasarkan bukti yang kongkrit, sedangkan penalaran adaptif sendiri memiliki makna kemampuan seseorang untuk berpikir logis dalam menyusun suatu dugaan atau hipotesis penyelesaian dari suatu masalah, memberikan penjelasaan dari dugaan yang digunakan, menentukan pola dari jawaban, menilai kebenaran secara matematis dan menarik kesimpulan dari jawaban. Salah satu faktor penyebab rendahnya penalaran siswa karena soal-soal yang diberikan guru dalam pembelajaran matematika lebih menekankan ke pemahaman konsep, sedangkan soal-soal yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk bernalar secara matematis jarang dilatihkan. Penalaran adaptif matematika terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika barisan dan deret di MA Ma’arif ; 2) Untuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah matematika barisan dan deret di MA Ma’arif; dan 3) Untuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah matematika barisan dan deret di MA Ma’arif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar yang terdiri dari 6 siswa, yaitu 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan penalaran adaptif siswa dengan kategori matematika tinggi mampu memenuhi empat indikator kemampuan penalaran adaptif, yaitu menyusun dugaan, memberikan alasan, menarik kesimpulan dan memeriksa kesahihan. 2) Kemampuan penalaran adaptif siswa dengan kategori matematika sedang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran adaptif, yaitu menyusun dugaan, memberikan alasan, dan memeriksa kesahihan 3) Kemampuan penalaran adaptif siswa dengan kategori matematika rendah mampu memenuhi satu indikator kemampuan penalaran adaptif, yaitu memeriksa kesahihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213181 MOHAMMAD MOKLAS
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:49
Last Modified: 14 Nov 2025 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64065

Actions (login required)

View Item View Item