STRATEGI PROMOSI POCADI (POJOK BACA DIGITAL) DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG

SHAFA SALSABILLA, 126310211028 and NURUL SETYAWATI HANDAYANI, 2013099201 (2025) STRATEGI PROMOSI POCADI (POJOK BACA DIGITAL) DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (895kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Promosi POCADI (Pojok Baca Digital) Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Shafa Salsabilla, NIM. 126310211028, dengan pembimbing Nurul Setyawati Handayani, M.A. Kata Kunci: Minat kunjung, Pojok baca digital, Strategi promosi. Strategi promosi sebagai perencanaan kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam memberikan informasi yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap barang atau jasa. Pojok Baca Digital mengalami kekurangan pengunjung, sehingga upaya strategi promosi perlu diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi pada Pojok Baca Digital (POCADI) dalam meningkatkan minat kunjung pemustaka dan mengetahui kendala dalam mempromosikannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Informan penelitian ini termasuk 5 staff sebagai pengelola dan 2 pengunjung POCADI. Kemudian analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi yang mencakup triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah dalam mempromosikan POCADI memanfaatkan kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan seperti kunjungan sekolah ke Perpustakaan Daerah Tulungagung. Pada kegiatan tersebut sekaligus memprosikan POCADI dan juga berusaha mempromosikan layanannya melalui sosial media berupa instagram. Terdapat data yang menunjukan bahwa jumlah pengunjung dalam satu bulan kurang dari 40 hingga kurang dari 60 pengunjung menunjukan bahwa tingkat kunjungan yang tidak stabil. Selain itu, terdapat kendala yang dialami yaitu tidak adanya kegiatan khusus yang diadakan maupun dalam rangka mempromosikan POCADI. Adapun kelemahan promosi melalui instagram yaitu sifatnya yang belum bisa menjangkau masyarakat luas karena masyarakat yang tidak memiliki akun istagram. Kurangnya minat baca masyarakat turut menjadi kendala dalam mempromosikan POCADI. Berdasarkan kendala tersebut terdapat saran yang dapat dipertimbangkan untuk kedepannya yaitu POCADI dapat menyelenggarakan kegiatan khusus seperti seminar secara rutin. Dalam kendala promosi melalui instagram staff POCADI dapat membuat jadwal secara konsisten antara 2 – 4 kali dalam seminggu untuk memposting konten terkait POCADI. Selain media digital dapat memanfaatkan media cetak sebagai media promosi salah satunya adalah brosur yang dapat dibagikan kepada masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310211028 SHAFA SALSABILLA
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:57
Last Modified: 17 Nov 2025 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64104

Available Versions of this Item

  • STRATEGI PROMOSI POCADI (POJOK BACA DIGITAL) DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG. (deposited 17 Nov 2025 06:57) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item